BerandaHistoryHari Ulang Tahun Halim Perdanakusuma, 18 November : Simak Biografinya

Hari Ulang Tahun Halim Perdanakusuma, 18 November : Simak Biografinya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tanggal 18 November merupakan hari ulang tahun dari pahlawan Tanah Air, Halim Perdanakusuma.

Diketahui, sosok yang bernama lengkap Marsekal Madya TNI (Anumerta) Abdul Halim Perdanakusuma, lahir pada 18 Novermber 1922, pahlawan Nasional Indonesia itu wafat pada 14 Desember 1947.

Halim Perdanakusuma gugur saat bertugas ketika perang Indonesia-Belanda di Sumatra, dimana beliau wafat ketika ditugaskan membeli dan mengangkut perlengkapan senjaya dengan pesawat terbang dari Thailand.

Biografi Halim Perdanakusuma

Penerbit Iklan Google Adsense

Dikutip Holopis.com dari Wikipedia, Sabtu (18/11), Halim Perdanakusuma lahir di Sampang, Madura, Hindia Belanda, pada tanggal 18 November 1922. Beliau sempat bergabung dengan Opleidingschool voor Inlandsche Ambtenaren (sebuah sekolah untuk mendidik penduduk pribumi Indonesia untuk pemerintahan) di Magelang.

Lalu, pada tahun kedua, Halim lantas keluar dan bergabung dengan Akademi Angkatan Laut di Surabaya sebagai tentara Hindia Belanda kala itu.

Pasca tamat pendidikan, Halim kemudian sempat bergabung dengan tentara KNIL di bagian penerangan.

Selama Perang Dunia 2 beliau pernah bertugas di Royal Canadian Air Force dan Royal Air Force sebagai Navigator dengan pangkat Wing Commander dan bertugas di skadron pengebom pesawat Lancaster dan B-24 Liberator. Selama bertugas beliau telah menjalankan 44 misi pengeboman di seluruh Eropa.

Pasca berakhirnya Perang Dunia 2, Halim memutuskan kembali ke Tanah Air, ketika itu beliau masih tergabung di Dinas Penerbangan Angkatan Laut Belanda.

Namun, Halim lebih memilih bergabung dengan Tentara Keamanan Rakyat di Jawatan Penerbangan, hingga telah menjalankan beberapa misi sampai gugur dalam tugas.

Lantas, apa Penghormatan dan Penghargaan yang disematkan kepada Halim Perdanakusuma yang kita kenal hingga hari ini?

Pemerintah menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional atas jasa dan perjuangan Halim Perdanakusuma, yang kemudian diabadikan namanya pada Bandar Udara Halim Perdanakusuma di Jakarta.

Selain itu, Pemerintah juga turut mengabadikan namanya pada kapal perang KRI Abdul Halim Perdanakusuma, dan ada juga penghargaan lainnya.

Itu tadi biografi singkat dari Halim Perdanakusuma, semoga bermanfaat.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Hari Pustakawan Nasional 7 Juli, Simak Serajarahnya

Hari Pustakawan Nasional yang diperingati setiap tanggal 7 Juli memiliki sejarah yang panjang dan penting bagi perkembangan literasi di Indonesia.

Sejarah Penetapan 1 Muharram sebagai Awal Tahun Baru Islam

1 Muharram merupakan hari pertama dalam kalender Hijriah, atau sebagai pertanda tahun baru Islam. Momen pergantian tahun ini merupakan momen yang sangat dinantikan - nantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia.

Hari Bulutangkis Sedunia, Gembira dalam Olahraga

Setiap tahun pada tanggal 5 Juli, komunitas bulutangkis di seluruh dunia bersatu untuk merayakan Hari Bulutangkis Sedunia.

Hari Bank Indonesia : Sejarah Serta Maknanya

Hari Bank Indonesia selalu diperingati di Indonesia setiap tahunnya tepat di tanggal 5 Juli.

Menelusuri Jejak Sejarah Rokok di Indonesia

Rokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, bukan sekadar benda untuk dihisap. Rokok telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya dan tradisi, menemani berbagai momen penting dalam kehidupan

Sejarah Stadion Olimpiade Berlin yang Jadi Venue Laga Pembuka 16 Besar Euro 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Stadion Olimpiade Berlin atau Olympiastadion resmi jadi venue laga pembuka babak 16 besar Euro 2024. Lantas, seperti apa sejarah stadion tersebut?...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS