HOLOPIS.COM, JAKARTA – Social anxiety disorder atau bisa juga disebut fobia sosial, yang dimana pengidapnya memiliki rasa takut yang berlebihan terhadap situasi atau aktivitas tertentu.

Sobat Holopis harus mengetahui, bahwa fobia sosial tidak hanya berlaku ketika dalam situasi formal seperti berpidato, melainkan bisa terjadi saat Anda dalam situasi biasa sehari-hari, seperti makan di depan umum, bertemu orang, atau diawasi saat melakukan sesuatu.

Dengan begitu, Social Anxiety Disorder dapat mempengaruhi hubungan dengan orang lain hingga produktivitas dalam bekerja, dikarenakan menghindari atau membatasi situasi sosial.

Maka dari itu, dikutip Holopis.com dari healthdirect, ada beberapa langkah untuk mengobati gangguan kecemasan sosial, apa saja tipsnya? Yuk sobat Holopis simak.

Konsultasi ke dokter

Pada langkah pertama, sobat Holopis harus berkonsultasi ke dokter atau ahli kesehatan mental. Dengan begitu, Anda akan melakukan perawatan psikologis dan strategi penanggulangan yang dapat membantu, begitu juga dengan pengobatan.

Lakukan terapi bicara

Strategi ini dapat mengubah pola pikir mendasar sobat Holopis, sehingga membantu mengendalikan kecemasan.

Lakukan terapi perilaku kognitif

Sobat Holopis bisa melakukan pengobatan psikologis ini. Selain itu, terapi tersebut juga dapat membantu relaksasi dan pernapasan untuk mengatasi kecemasan. Biasanya diperlukan antara 8 dan 12 sesi.

Ubah pola pikir Anda

Kecemasan sosial dapat dicegah dengan menantang pola pikir negatif dan melatih kembali diri sobat Holopis, Akibatnya, Anda dapat menghindari pada zona aman yang membuat Anda merasa lebih nyaman dalam situasi sosial,