HOLOPIS.COM, JAKARTA – Stroke adalah penyakit yang terjadi karena terganggunya suplai darah ke bagian otak atau pecahnya pembuluh darah. Sel – sel otak tidak akan berfungsi dan lebih parahnya bisa menyebabkan kematian jika asupan darah dan oksigen tidak terpenuhi.

Penyakit stroke bisa menyerang berbagai kalangan usia sehingga harus melakukan berbagai cara untuk mencegah terserang penyakit stroke sejak dini. Cara mencegah stroke bisa dimulai dengan rutin berolahraga, mengonsumsi makanan bergizi, dan berhenti merokok.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya tidak mengalami stroke!

  1. Mengonsumsi makanan yang sehat

Dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi dapat mencegah terjadinya stroke. Cara yang perlu dilakukan yaitu mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan serat. Selain itu, harus sering mengonsumsi buah dan sayuran, serta minum air putih 2 liter per hari.

  1. Rajin Berolahraga

Melakukan olahraga secara teratur dapat membuat tekanan darah dalam tubuh tetap stabil. Anda dapat melakukan olahraga dalam waktu 30 menit sehari. Tidak perlu olahraga yang berat, anda bisa berolahraga dengan jalan kaki di pagi hari, bersepeda, zumba, dan berenang.

  1. Berhenti merokok

Terlalu sering merokok dapat meningkatkan resiko stroke lebih tinggi karena rokok mengandung nikotin yang bisa membuat tekanan darah tinggi, dan asap rokok bisa menurunkan kadar oksigen dalam darah. Anda perlu berhenti merokok agar bisa menurunkan resiko terkena stroke.

  1. Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat menjadi pemicu munculnya stroke sehingga anda harus menjaga waktu tidur anda dengan baik. Cara menjaga tubuh anda tetap sehat adalah dengan menerapakan jadwal untuk tidur minimal 7-8 jam sehari.

  1. Mengontrol emosi

Cara yang bisa dilakukan untuk mencegah stroke sejak dini yaitu dengan memperhatikan kesehatan mental. Anda perlu menahan emosi atau menghirup nafas dalam – dalam untuk bisa menenangkan diri. Emosi yang meledak dapat meningkatkan produksi hormon epinefrin yang bisa membuat tekanan darah dalam tubuh meningkat.