BerandaHistoryHUT Brimob 14 November, Sejarah dan Tema Tahun 2023

HUT Brimob 14 November, Sejarah dan Tema Tahun 2023

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Korps Brigade Mobile (Brimob) Polri tepat berusia 78 tahun, pada 14 November 2023. HUT ke-78 Brimob, mengangkat tema “Negara Aman Menuju Indonesia Maju” Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan.

Korps Brimob yang diresmikan pada tahun 1946, merupakan kesatuan operasi khusus Polri yang bertugas menanggulangi ancaman Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) yang berintensitas tinggi.

Lalu, bagaimana sejarah hadirnya Brimob ?

Keberadaan dan peran satuan ini, sebenarnya sudah ada sejak sebelum masa kemerdekaan Indonesia. Tepatnya yaitu sejak 8 Maret 1942, ketika masa pengalihan kekuasaan dari Belanda ke Jepang.

Penerbit Iklan Google Adsense

Dikutip Holopis.com dari laman resmi Korps Brimob, Selasa (14/11) saat itu satuan Brimob disebut Tokubetsu Kaisatsu Tai.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tanggal 8 Maret 1942 dan Undang-Undang Nomor 3 Tanggal 20 Maret 1942 yang dikeluarkan oleh pemerintah Jepang.

Pada masa kemerdekaan Indonesia, satuan tersebut berganti nama sebagai Polisi Istimewa. Kemudian pada 14 November 1946, seluruh kesatuan Polisi Istimewa, Barisan Polisi Istimewa dan pasukan Polisi Istimewa dilebur menjadi Mobile Bragade (Mobrig).

Selanjutnya Mobrig dikenal dengan sebutan Brigade Mobile (Brimob). Berdasarkan surat perintah Y. M. Menteri Kepala Kepolisian Negara No. Pol. 23 /61/ tertanggal 12 Agustus 1961 ditetapkan tanggal 14 November 1961 sebagai Hari Mobile Brigade.

Dalam surat itu disebutkan, tanggal 14 November 1961 merupakan Hari Mobil Brigade yang ke-16. Sejak saat itu hingga sekarang, setiap tanggal 14 November diperingati sebagai Hari Brimob atau HUT Brimob.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Hari Bulutangkis Sedunia, Gembira dalam Olahraga

Setiap tahun pada tanggal 5 Juli, komunitas bulutangkis di seluruh dunia bersatu untuk merayakan Hari Bulutangkis Sedunia.

Hari Bank Indonesia : Sejarah Serta Maknanya

Hari Bank Indonesia selalu diperingati di Indonesia setiap tahunnya tepat di tanggal 5 Juli.

Menelusuri Jejak Sejarah Rokok di Indonesia

Rokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, bukan sekadar benda untuk dihisap. Rokok telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya dan tradisi, menemani berbagai momen penting dalam kehidupan

Sejarah Stadion Olimpiade Berlin yang Jadi Venue Laga Pembuka 16 Besar Euro 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Stadion Olimpiade Berlin atau Olympiastadion resmi jadi venue laga pembuka babak 16 besar Euro 2024. Lantas, seperti apa sejarah stadion tersebut?...

Ini Tema Hari Anti Narkotika Internasional 2024

Hari Anti Narkotika Internasional (HANI), diperingati setiap tanggal 26 Juni sebagai bentuk keprihatinan dunia pada penyalahgunaan dan perdagangan gelap narkotika di seluruh dunia.

Hari Janda Sedunia atau International Widow’s Day, Rayakan Perjuangan Para Perempuan Tangguh

Setiap tahun pada tanggal 23 Juni, dunia memperingati Hari Janda Internasional atau International Widows Day.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS