Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Piala Dunia U-17 : Pemprov DKI Buka Koridor Baru dan Perbanyak Lahan Parkir di Stadion JIS

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Piala Dunia U-17 2023 akan segera berlangsung, dan salah satunya akan digelar di Stadion Jakarta International Stadium (JIS).

Untuk menyambut babak kualifikasi grup Piala Dunia U-17 2023, yang akan dimulai pada 11-18 November, Pemprov DKI pun menyatakan bahwa Jakarta, dalam hal ini Stadion JIS, siap menggelar perhelatan tersebut.

Untuk memudahkan akses penonton menuju Stadion JIS, Pemprov DKI sejatinya sejak Oktober lalu telah membuka koridor baru TransJakarta yaitu Koridor 14 rute Senin-JIS.

Untuk rute tersebut, Pemprov DKI menyiapkan 15 unit bus TransJakarta. Rute ini juga melalui salah satu kantong parkir penonton saat penyelenggaraan Piala Dunia U-17 yakni JIExpo Kemayoran.

Selain itu, turut disiapkan juga tiga kantong parkir yang terdiri daru dua kantong parkir di area parkir JIEXPO Kemayoran dan area parkir PPK Kemayoran. Sementara, satu kantong parkir lainnya ada di Ancol Timur.

Di parkir area JIEXPO Kemayoran mampu menampung kapasitas sebanyak 8.000 mobil dan 20 ribu motor. Sedangkan di PPK Kemayoran, parkir areanya memiliki kapasitas untuk menampung 144 mobil dan 200 motor.

Untuk memudahkan mobilitas pengguna kendaraan bermotor yang parkir di kantong-kantong parkir tersebut menuju JIS, maka Dishub DKI menyediakan shuttle bus dari kantong-kantor parkir tersebut.

Kecuali untuk Ancol Timur, tengah dibangun Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang menghubungkan JIS dengan kawasan tersebut. Kini, pembangunan pun tengah dikebut untuk segera selesai pada saat laga pertama Piala Dunia U-17 dimulai.

Untuk shuttle bus, beberapa titik poin telah ditentukan. Pertama rute JIS – parking area JIEXPO dan kedua rute JIS – PPK Kemayoran, masing-masing shuttle bus berkapasitas 60 tempat duduk, dengan jadwal keberangkatan pada pukul 14.00 WIB – 19.30 WIB.

Kemudian untuk jadwal pulang dari JIS menuju JIEXPO dan PPK Kemayoran akan dimulai pada pukul 18.00 WIB – 23.00 WIB. Dengan interval bus setiap 15 menit sekali.

Terkait hal ini, Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menyebut bahwa Stadion JIS sap menggelar pertandingan Piala Dunia U-17 2023.

“Jakarta sudah siap menggelar Piala Dunia U-17 2023,” katanya, sebagaimana informasi yang diterima Holopis.com.

Sebelumnya, pemerintah memutuskan untuk merenovasi JIS yang akan dipakai sebagai venue Piala Dunia U-17. Renovasi itu mencakup penggantian rumput, penambahan akses kendaraan dan pejalan kaki, hingga pembangunan jembatan penyeberangan orang (JPO).

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Iwan Takwin membeberkan bagaimana kesiapan JIS sebagai salah satu tuan rumah Piala Dunia U-17. Menurut dia, area field of play atau lapangan utama sudah selesai dan dalam masa perawatan untuk menjaga kesuburan rumput.

“Progres penyempurnaan JIS, khususnya untuk area field of play (lapangan utama) sudah selesai 100 persen,” ucap Iwan.

Sebagai informasi tambahan, akan ada dua grup yang bakal merumput di Stadion JIS pada Piala Dunia U-17 2023 nanti, yakni Grup C dan Grup E.

Di Group C, ada Timnas Brasil U-17, Timnas Inggris U-17, Timnas Iran U-17, dan Timnas Kaledonia Baru U-17.

Sementara di Group E akan bersaing Timnas sepak bola Prancis U-17, Timnas Korea Selatan U-17, Timnas Amerika Serikat U-17, dan Timnas Burkina Faso U-17.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Feyenoord vs Leverkusen : Xhaka dkk Pesta 4 Gol

Bayer Leverkusen sukses mengandaskan perlawanan Feyenoord pada laga perdana fase grup Liga Champions musim 2024/2025, dengan skor telak 4-0 tanpa balas.

HT Atalanta vs Arsenal : Skor Masih Sama Kuat 0-0

Pertandingan Atalanta vs Arsenal baru selesai 45 menit pertama, dan skor masih sama kuat 0-0 untuk kedua tim.

China Open 2024 : Anthony Ginting Fokus Jalani Laga Berikutnya Usai Sikat Shi Yu Qi

Anthony Ginting berhasil melangkah ke babak perempat final China Open 2024 usai sukses mengandaskan Shi Yu Qi. Ginting pun enggan berpikir terlalu jauh soal juara, dirinya hanya ingin fokus menjalani laga berikutnya.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru