Sehari Jago Main Gitar! Resep Solmisasi Modus Buat Pemula!

Abstract Full Colour Note Instrument, [Image Source : Ist]

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Lagi asyik ngedate sama pacar di cafe tiba-tiba ada musisi, kok kelihatannya jago banget main melodi gitarnya ya. Hemm… Padahal kalau lagi di rumah pun gue biasa main gitar tapi nggak sejago musisi itu deh.

Gimana ya caranya biar bisa jago main gitar juga, biar main melodinya keren dan pacar pun bisa kesengsem sama gue.

Kalau Sobat Holopis ada yang lagi dalam kondisi seperti itu, tepat banget nih kalian buka artikel yang satu ini.

Namun sebelum lebih jauh, perlu diketahui juga sobat Holopis, bahwa tangga nada modus atau modes merupakan tangga nada yang memiliki tujuh nada berbeda dalam satu oktaf. Tangga nada modus terdiri dari tujuh jenis dan memiliki formula interval yang unik.

Sebelum memasuki langkah-langkah formula yang sudah disediakan, alangkah baiknya Sobat Holopis bisa memahami cara membaca not nada pada gitar. Bingung? Nih Holopis kasih tahu di dalam fret atau kolom di bawah ini ;

Note gitar
Note Nada pada Gitar pada Fret atau Kolom, [Gambar : Ist]
Formula tangga nada modus dapat dibaca dari bawah ke atas. Huruf pertama adalah nada dasar, diikuti oleh interval antara nada-nada berikutnya.

Pastikan kamu mencoba dengan alat musik gitar! Berikut kami rangkum formula 7 tangga nada modus, beserta penjelasannya:

1. Formula Lonian Naik per Fret (1, 1, ½, 1, 1, 1, ½)

7 Modes Scale Lonian Pattern, [Image Source : Ist]
Kotak hijau nomor 1, merupakan Do dari tabel di atas, memiliki selisih setiap oktaf. Tangga nada Lonian adalah tangga nada mayor yang memiliki sifat yang ceria dan gembira. Dengan formula naik per Fret 1, 1, ½, 1, 1, 1, ½ atau Do = 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 1 mengikuti tabel di atas.

2. Formula Dorian Naik per Fret (1, ½, 1, 1, 1, ½, 1)

7 Modes Scale Dorian Pattern, [Image Source : Ist]
Kotak hijau nomor 1, merupakan Do dari tabel di atas, memiliki selisih setiap oktaf. Tangga nada Dorian adalah tangga nada minor yang memiliki sifat yang melankolis dan misterius. Dengan formula naik per Fret 1, ½, 1, 1, 1, ½, 1 atau Do = 1, 2, b3, 4, 5, 6, b7, 1 mengikuti tabel di atas.

3. Formula Phrygian Naik per Fret (½, 1, 1, 1, ½, 1, 1)

7 Modes Scale Phrygian Pattern, [Image Source : Ist]
Kotak hijau nomor 1, merupakan Do dari tabel di atas, memiliki selisih setiap oktaf. Tangga nada Phrygian adalah tangga nada minor yang memiliki sifat yang gelap dan suram. Dengan formula naik per Fret ½, 1, 1, 1, ½, 1, 1 atau Do = 1, b2, b3, 4, 5, b6, b7, 1 mengikuti tabel di atas.

4. Formula Lydian Naik per Fret (1, 1, 1, ½, 1, 1, ½)

7 Modes Scale Lydian Pattern, [Image Source : Ist]
Kotak hijau nomor 1, merupakan Do dari tabel di atas, memiliki selisih setiap oktaf. Tangga nada Lydian adalah tangga nada mayor yang memiliki sifat yang cerah dan ceria. Dengan formula naik per Fret 1, 1, 1, ½, 1, 1, ½ atau Do = 1, 2, 3, #4, 5, 6, 7, 1 mengikuti tabel di atas.

5. Formula Mixolydian Naik per Fret (1, 1, ½, 1, 1, ½, 1)

7 Modes Scale Mixolydian Pattern, [Image Source : Ist]
Kotak hijau nomor 1, merupakan Do dari tabel di atas, memiliki selisih setiap oktaf. Tangga nada Mixolydian adalah tangga nada mayor yang memiliki sifat yang santai dan riang. Dengan formula naik per Fret 1, 1, ½, 1, 1, ½, 1 atau Do = 1, 2, 3, 4, 5, 6, b7, 1 mengikuti tabel di atas.

6. Formula Aeolian Naik per Fret (1, ½, 1, 1, ½, 1, 1)

7 Modes Scale Aeolian Pattern, [Image Source : Ist]
Kotak hijau nomor 1, merupakan Do dari tabel di atas, memiliki selisih setiap oktaf. Tangga nada Aeolian adalah tangga nada minor yang memiliki sifat yang sedih dan melankolis. Dengan formula naik per Fret 1, ½, 1, 1, ½, 1, 1 atau Do = 1, 2, b3, 4, 5, b6, b7, 1 mengikuti tabel diatas.

7. Formula Locrian Naik per Fret (½, 1, 1, ½, 1, 1, 1)

7 Modes Scale Locrian Pattern, [Image Source : Ist]
Kotak hijau nomor 1, merupakan Do dari tabel di atas, memiliki selisih setiap oktaf. Tangga nada Locrian adalah tangga nada minor yang memiliki sifat yang gelap dan suram. Dengan formula naik per Fret ½, 1, 1, ½, 1, 1, 1 atau Do = 1, b2, b3, 4, b5, b6, b7, 1 mengikuti tabel di atas.

Penjelasan Tangga Nada Modus dapat dipahami jika dasar note gitar sudah kamu pahami juga, sehingga materi modus juga dapat diperdalam dengan mengambil kelas musik atau berlatih dengan guru musik.

Exit mobile version