Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Lagi Panik? Ini Dia Tips Atasi Gugup dan Kenali Tandanya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Merasa ditekan atau takut akan perubahan, membuat tingkah laku menjadi tidak nyaman saat berkegiatan dengan orang lain.

Kenali gejala panik atau penyebab utama yang serupa, sebab Gugup yang sering di alami pada orang umum, biasa dirasakan dengan kondisi perubahan yang tidak sesuai ekspetasi.

Perlu diketahui sobat Holopis, Gugup menjadi hal yang wajar dialami oleh semua orang, baik anak-anak, remaja, maupun orang dewasa yang disebabkan oleh berbagai macam hal.

Berikut kami rangkum, beberapa tips untuk Mengatasi Gugup:

Perempuan Gugup
Perempuan Merasa Gugup Berlebih, [Gambar : Ist]

1. Kenali penyebab Gugup

Langkah pertama untuk mengatasi gugup adalah mengenali penyebabnya, Apakah kamu gugup karena akan berbicara di depan umum? ataukah kamu gugup karena akan bertemu orang baru? Setelah mengetahui penyebabnya, kamu dapat mulai memikirkan cara untuk mengatasinya.

2. Siapkan diri

Untuk mempersiapkan diri guna menghindari gugup berlebih saat berbicara di depan umum, latihlah dengan membayangkan kamu sedang berbicara dengan percaya diri, atau jika penyebab gugup karena akan bertemu orang baru, pelajari beberapa topik pembicaraan yang umum dan latihlah percakapan dengan teman atau keluarga.

3. Berpikir positif

Fokuslah pada hal-hal positif yang dapat terjadi. Misalnya, gugup karena akan berbicara di depan umum, pikirkan bahwa kamu akan memiliki kesempatan untuk membagikan pengetahuan dan keterampilan dengan orang lain.

4. Latihan pernapasan dalam

Latihan pernapasan dalam dapat membantu menenangkan diri dan mengurangi rasa gugup. Tarik napas dalam-dalam melalui hidung, tahan selama beberapa detik, lalu buang napas perlahan melalui mulut.

5. Minum air

Dehidrasi dapat memperburuk rasa gugup, pastikan kamu meminum cukup air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

6. Istirahat yang cukup

Kurang tidur dapat membuat lebih rentan terhadap rasa gugup, dengan itu coba antisipasi dengan mendapatkan tidur yang cukup setiap malam.

Setelah mengikuti langkah berikut, tetapi gugup yang kamu alami sangat mengganggu dan tidak dapat diatasi sendiri, mulailah berkonsultasi dengan terapis profesional.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jokowi Resmikan Jalan Tol Jogja Solo Segmen Kartasura-Klaten

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo...

Dompet Dhuafa dan Titimangsa Gelar Teater Musikal untuk Palestina Bertajuk Tanah Yang Terpenjara

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gencar menyuarakan kemanusiaan bagi Palestina, Dompet...

Menhub Terima Penghargaan Tokoh Inspiratif Transportasi Inklusif Terintegrasi DTKJ Awards 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerima...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru