Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

5 Tips Manjur Cegah Asam Lambung Naik

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Saat beraktivitas tiba-tiba mengalami sakit perut yang luar biasa, apalagi memang punya riwayat penyakit lambung, tentunya rasa nyeri yang timbul membuat kita tidak nyaman.

Bukan hanya sakit perut, bahkan memunculkan gejala pusing, mual dan muntah sehingga harus bolak – balik ke kamar mandi.

Meskipun sedang dikejar waktu untuk bisa menyelesaikan segala aktivitas yang ada di rumah dan di luar rumah. Menahan rasa sakit lambung terlalu lama dapat memperburuk kesehatan hingga menyebabkan serangan jantung.

Oleh karena itu, sobat Holopis dapat melakukan tips – tips berikut untuk bisa meredakan asam lambung yang sering timbul secara mendadak.

1. Rajin minum air putih

Dengan mencoba minum air putih dapat menetralkan asam lambung naik dan meredakan sensasi yang tidak enak di bagian tenggorokan dan lambung.

2. Mengonsumsi air jahe

Bahan alami untuk mengurangi penyakit asam lambung adalah jahe. Rempah-rempah khas Nusantara ini bisa dikonsumsi untuk meredakan gejala penyakit lambung. Cara membuatnya, kamu harus merebus jahe terlebih dahulu hingga mendapat airnya dan juga bisa ditambah dengan perasan lemon atau madu agar lebih enak.

Alangkah baiknya mengonsumsi wedang jahe dalam kondisi hangat ya Sobat Holopis.

3. Mengatur pola makan dengan porsi sedikit tetapi sering

Diketahui, pemicu naiknya asam karena sering telat makan, dan kemudian malah mengonsumsi makanan dalam porsi yang banyak. Kondisi ini sebenarnya kurang pas, hal ini dapat menyebabkan maag kambuh lagi.

Sehingga, perlu menerapkan pola makan yang teratur dengan makan dalam porsi yang sedikit namun sering, sehingga asam lambung tersebut bisa dilakukan penetrasi.

4. Minum obat asam lambung

Jika meminum air putih tidak mampu meredakan asam lambung, cara terbaik untuk mengobati asam lambung harus melakukan pemeriksaan ke dokter. Lalu, kamu akan diberikan resep obat supaya bisa meredakan asam lambung yang naik.

5. Menghindari minuman kopi dan susu

Memiliki riwayat penyakit lambung, sebaiknya jangan mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi. Jika terlalu sering minum kopi dalam porsi banyak dapat melukai lapisan dinding lambung dan membuat mual.

Selain itu, olahan minuman susu juga bisa meningkatkan kadar asam lambung, menyebabkan maag, mual, dan nyeri di ulu hati.

Nah, itu dia beberapa tips penting yang bisa Sobat Holopis lakukan saat mengalami gejala asam lambung naik. Lakukan penetrasi lebih baik sesuai dengan kondisi tubuh. Sayangi kesehatan ya cuy

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru