Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizPemerintah Bakal Bangun Industri Gula di Papua, Lengkap dengan Kebun Tebunya

Pemerintah Bakal Bangun Industri Gula di Papua, Lengkap dengan Kebun Tebunya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemerintah berencana untuk membangun industri gula di Papua. Tak hanya pabrik, pembangunan industri tersebut juga lengkap dengan perkebunan tebu seluas 2 juta hektare (ha).

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman. Dia mengatakan, bahwa untuk pembangunan, akan dibangun pabrik gula terlebih dahulu di lahan seluas 200 ribu ha.

“Rencana 1 juta-2 juta ha, tapi untuk sementara 200 ribu ha untuk membangun pabrik gula. InsyaAllah gula kita jaya ke depan,” katanya di kantornya, Selasa (7/11) seperti dikutip Holopis.com.

Amran menuturkan, pemilihan Papua sebagai lokasi dibangunnya industri tersebut lantaran kondisi agro dan iklimnya yang cocok untuk tanaman tebu. Selain itu, Papua juga memiliki lahan yang luas dan terbilang strategis.

Meski demikian, Amran tidak merinci kapan waktu pastinya pabrik tersebut akan mulai dibangun, serta berapa jumlah pabriknya. Ia hanya mengatakan, nilai investasi dari masing-masing pabrik akan berkisar antara Rp2,5-3 triliun.

Dia juga memperkirakan, hasil produksi gula dari masing-masing pabriknya akan mencapai 8 ribu hingga 12 ribu ton per hari (TCD).

Amran menyebut, lahan di Papua yang akan dibangun pabrik gula tersebut merupakan milik perusahaan BUMN, ID Food. Namun ia tidak menutup kemungkinan adanya pihak swasta yang ikut berinvestasi di proyek tersebut.

“Kemudian nanti diundang swasta siapa yang berminat kita verifikasi. Kalau swasta syaratnya simple, punya uang, bangun. Sudah ada yang mendaftar,” ujarnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Bahlil Kasih Sinyal Pemerintah Batal Batasi Pembelian BBM Subsidi Mulai 1 Oktober 2024

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia memberikan sinyal kuat, bahwa aturan pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi batal diberlakukan mulai 1 Oktober 2024.

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.