HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menkominfo Budi Arie Setiadi meminta para jurnalis untuk tidak takut dengan kehadiran Artificial Intelligence (AI) yang telah masuk dalam segala lini.

Dalam Seminar Nasional Dewan Pers, Budi Arie meyakini keberadaan AI bisa semakin mengembangkan kualitas jurnalisme di Indonesia.

“Meski demikian, kehadiran teknologi baru seperti AI memberikan peluang peningkatan kegiatan jurnalisme,” kata Budi Arie dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (8/11).

Budi Arie pun mengutip informasi dari AP (Associated Press) yang mengungkapkan perkembangan signifikan produksi berita hingga 12 kali lipat.

“Associated Press (AP), salah satu kantor berita di Amerika Serikat yang mampu meningkatkan jumlah produksi artikel berita mereka setiap kuartal, hingga 12 kali lipat dari 300 artikel menjadi 3.700 artikel dengan teknologi AI,” bebernya.

Meski belum lama ini semua lembaga mampu mengimplementasikan teknologi AI secara maksimal, Ketua Umum Projo ini meyakini akan banyak peluang yang bisa dimanfaatkan oleh insan pers.

“AI dan disrupsi teknologi dapat membuka peluang besar bagi industri jurnalisme,” pungkasnya.