HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hujan yang mengguyur wilayah DKI Jakarta dan wilayah penyangganya sejak Sabtu (4/11) malam membuat masyarakat harus waspada akan potensi banjir yang kerap melanda wilayah Ibu Kota.

Berdasarkan data Dinas Sumber Daya Air (DSDA) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, tinggi muka air di sejumlah pintu air pada Minggu (5/11) pukul 15.00 WIB berstatus siaga.

Kedua pintu air tersebut yakni Pintu Air Pasar Ikan dan Marina, dengan ketinggian muka air masing-masing di level -115/215 dan 184/205 sentimeter (cm).

Kemudian tinggi muka air di pintu air Sunter Hulu dilaporkan oleh DSDA Pemprov DKI Jakarta dalam kondisi waspada, dengan ketinggian muka air 160 cm.

Berdasarkan data yang sama pada pukul 12.00 WIB. Status tinggi muka air di pintu Manggarai dan Karet sempat dilaporkan dalam status siaga, dengan ketinggian masing-masing di level 800 cm dan 460 cm.

Kemudian dua pintu air lainnya, yakni Pintu Air Marina dan Sunter Hulu juga dalam status siaga, dengan ketinggian masing-masing di angka 198 dan 180 cm.

Adapun sampai saat ini, kondisi cuaca di Jakarta dan wilayah penyangganya, yakni Bodetabek didominasi cuaca mendung. Namun sejumlah wilayah seperti Depok dan Bogor Kabupaten terpantau hujan dengan intensitas ringan.