Rabu, 18 September 2024
Rabu, 18 September 2024

5 Tips Paling Efektif Agar Terhindar dari Perasaan Insecure

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Insecure merupakan kondisi dimana seseorang tidak percaya diri dengan gejala munculnya rasa takut, gelisah, dan malu. Salah satu ciri insecure adalah ketika seseorang mengalami trauma karena dipandang sebelah mata dan direndahkan karena ada kekurangan dalam dirinya.

Seseorang tidak mampu meningkatkan kemampuannya akibat adanya rasa insecure. Hal itu dapat mengganggu aktivitas sehari – hari, membuat sakit, dan lebih parahnya bisa membuat orang menjadi depresi.

Bagi anda yang masih menyimpan perasaan insecure. Berikut ini tips – tips untuk bisa menghindar dari rasa insecure.

  1. Membangun pikiran yang positif

Dalam menyikapi suatu masalah, berusahalah berpikir positif supaya terhindar dari penyakit mental. Begitu pula dengan insecure, terlalu memikirkan kejadian yang buruk dapat menguras energi anda. Sebaiknya anda berusaha menenangkan hati dan pikiran supaya tidak terjebak dalam insecure.

  1. Menjauh dari orang – orang yang membuat insecure

Memiliki teman, pasangan atau keluarga yang berperilaku toxic seperti menghina fisik, atau memandang rendah kemampuan anda dapat menumbuhkan rasa insecure dalam diri. Agar terhindar dari insecure, tidak ada yang salah jika anda memutuskan untuk menjauhi kerabat terdekat anda sementara waktu.

  1. Melakukan aktivitas yang menyenangkan

Cara yang bisa anda lakukan untuk menghindari insecure yaitu dengan menyibukkan diri untuk melakukan kegiatan yang bisa membuatmu merasa damai, tentram, dan bahagia. Dengan begitu, anda bisa berubah menjadi pribadi yang lebih baik.

  1. Jangan merasa bersalah terhadap diri sendiri

Insecure bisa muncul karena anda selalu merasa bersalah terhadap sesuatu hal. Misalnya, anda mendengar perkataan negatif dari teman yang menyebut wajah anda jelek dan tua. Ketika mendengar omongan tersebut, berusahalah untuk tidak memikirkannya tapi abaikan saja.

  1. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Membandingkan kemampuan diri sendiri dengan kemampuan orang lain dapat membuat anda tampak lemah yang bisa menimbulkan perasaan insecure. Mulai dari sekarang, jangan melihat kehidupan orang lain dan membandingkannya dengan perjalanan hidupmu karena itu akan membuatmu tidak bersyukur.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Ingat Buah Ciplukan? Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan

Buah ciplukan, yang juga dikenal dengan nama ilmiahnya Physalis angulata, adalah buah kecil yang berasal dari tanaman dalam keluarga Solanaceae.

Jangan Sembarangan! Ini Waktu Ideal Ngopi

Kafein yang merupakan senyawa utama dalam kopi, teh, dan minuman energi, adalah salah satu stimulan yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Kafein dikenal karena kemampuannya untuk meningkatkan kewaspadaan dan energi.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru