Sabtu, 14 September 2024
Sabtu, 14 September 2024

Piala Dunia U-17 Segera Dimulai, Surabaya Siapkan Keamanan dan Kenyamanan Penonton

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Perhelatan Piala Dunia U-17 2023 akan dimulai tujuh hari lagi dari sekarang, dimana acara pembukaan bakal berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Surabaya selaku tuan rumah pun telah menyiapkan keamanan dan kenyamanan bagi penonton, yang nantinya akan menyaksikan acara pembukaan tersebut.

Sebanyak 3.393 personel gabungan TNI-Polri pun rencananya akan dilibatkan untuk pengamanan Piala Duna U-17 2023 nanti, dimana para petugas bakal menjaga sejumlah lokasi penting.

Dalam hal ini, Kepala Biro Operasi (Karoops) Polda Jawa Timur (Jatim), Kombes Pol Puji Santosa menyampaikan bahwa, seluruh personel pengamanan Piala Dunia U-17 di Surabaya nanti tergabung dalam PAM Operasi Aman Bacuya (Badak Cula Cahaya) 2023. Para personel itu pun sejatinya telah mulai beroperasi per hari Rabu (1/11) kemarin.

“Tim-tim kontestan mulai berdatangan. Kami mulai fokus bekerja untuk mengamankan mereka, juga bersiap untuk acara pembukaan nanti,” kata Puji Santosa, sebagaimana informasi yang diterima Holopis.com, Jumat (3/11).

Lanjutnya, Puji menjelaskan bahwa tugas para personel tersebut telah dibagi, dimana titik pertama PAM letaknya di Bandara, kemudain PAM rute dan PAM akomodasi di hotel.

“Untuk pola pengamanan nanti, karena akan dihadiri oleh Presiden nanti koordinasi dengan TNI dengan pola zona ring satu, dua dan tiga,” ujarnya.

“Kemudian juga PAM di lokasi latihan di Lapangan Thor, Lapangan Tambaksari (Gelora 10 November), kemudian di lapangan ABC GBT. Kami juga fokus di lokasi rawan terjadinya gangguan baik di tempat warga berkumpul,” imbuhnya.

Sebagai informasi tambahan, pengamanan ekstra harus dilakukan karena pembukaan Piala Dunia U-17 2023 pada (10/11) nanti akan dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi, Presiden FIFA, Gianni Infantino yang didampingi Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir. Kehadiran mereka pun sekaligus menyaksikan laga perdana fase grup antara Indonesia vs Ekuador.

Menariknya, pembukaan serta laga perdana Piala Dunia U-17 2023 tersebut berbarengan dengan Hari Pahlawan, dimana opening ceremony nantinya akan melibatkan artis-artis lokal papan atas.
Selain itu, agar penonton nyaman membanjiri setiap pertandingan Piala Dunia U-17 di Surabaya, Dinas Perhubungan Kota Surabaya telah menyiapkan sebanyak 110 armada shuttle bus. Pembatasan kendaraan pribadi menuju GBT selama turnamen berlangsung diantisipasi pemerintah kota dengan angkutan gratis menuju stadion di kawasan Surabaya Barat itu.

Kepala Dishub Kota Surabaya, Tundjung Iswandaru, menyebutkan shuttle bus yang disiapkan akan disebar di enam titik pemberhentian. Enam titik keberangkatan shuttle bus itu adalah Balai Kota, Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ), Terminal Tambak Osowilangun (TOW), Terminal Benowo, tempat pengujian kendaraan bermotor Tandes, dan Ciputra World.

Perihal Timnas U-17 Indonesia, skuad Garuda Muda sendiri tergabung di Grup A bersama Ekuador, Panama dan Maroko. Seluruhnya akan tersaji di Stadion GBT, tak hanya itu, di stadion tersebut juga akan turut mempertandingkan babak 16 besar pada (21/11) mendatang.

Temukan kami juga di Google News dengan klik ikon bintang. Atau kamu bisa follow WhatsApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Hasil Bundesliga : Dortmund Hajar Heidenheim 4-2

Borussia Dortmund berhasil mengandaskan Heidenheim pada lanjutan Bundesliga, dengan skor telak 4-2.

Lamine Yamal Ngarep Pengen Jadi Legenda Klub Barcelona

Lamine Yamal memiliki keinginan yang besar untuk bisa menjadi legenda klub Barcelona. Pemain berusia 17 tahun itu pun menegaskan dirinya tidak akan kemana-mana alias akan bertahan terus menerus bersama Blaugrana.

Hong Kong Open 2024 : Putri KW Gacor, Wakil Denmark Ini Dibuat Mati Kutu!

Putri Kusuma Wardani alias Putri KW berhasil melangkah ke semifinal Hong Kong Open 2024, usai sukses melibas habis wakil Denmark, Line Hojmark Kjaersfeldt di babak 16 besar.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula Indonesia

Berita Terbaru