HOLOPIS.COM, JAKARTA – Siapa yang tidak suka dengan buah semangka? Buah dengan warna merah ataupun kuning cerah, dagingnya yang berair, dan rasanya yang manis dan menyegarkan, merupakan buah musim panas klasik yang memanjakan lidah dan memuaskan dahaga selama beberapa generasi.

Selain menyegarkan, buah semangka ternyata memiliki sejarah dan manfaat yang menakjubkan lho, Sobat Holopis.

Perjalanan Sejarah Buah Semangka

Semangka, yang secara ilmiah dikenal dengan nama Citrullus lanatus, termasuk dalam famili Cucurbitaceae, yang juga mencakup mentimun, labu kuning, dan labu siam. Buah ini diperkirakan berasal dari Afrika, dimana varietas semangka liar masih dapat ditemukan tumbuh.

Orang Mesir kuno menanam semangka lebih dari 4.000 tahun yang lalu, dan bahkan ditempatkan di makam Firaun sebagai sumber makanan di akhirat.

Semangka masuk ke Eropa melalui jalur perdagangan dan menyebar ke Amerika bersama para pemukim Eropa. Seiring berjalannya waktu, pembiakan selektif mengarah pada pengembangan varietas manis tanpa biji yang biasa kita nikmati saat ini.

Manfaat Nutrisi

Jus semangka
Jus semangka

Semangka tidak hanya merupakan makanan yang lezat tetapi juga bergizi. Berikut beberapa manfaat nutrisi semangka:

1. Hidrasi

Semangka terdiri dari sekitar 90% air, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk tetap terhidrasi selama bulan-bulan musim panas.

2. Vitamin dan Mineral

Buah semangka adalah sumber vitamin A dan C yang baik, serta mineral penting seperti potasium.

3. Antioksidan

Semangka kaya akan antioksidan, terutama likopen, yang dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk kesehatan jantung dan penurunan risiko kanker tertentu.

4. Rendah Kalori

Bukan rahasia bila buah semangka adalah buah yang rendah kalori, hal ini menjadikannya makanan tambahan yang ‘bebas rasa bersalah’ untuk diet Anda.

5. Asam Amino Citrulline

Semangka mengandung citrulline, asam amino yang dikenal memiliki potensi manfaat dalam meningkatkan aliran darah dan mengurangi nyeri otot.

Seperti kita ketahui, cara paling sederhana dan klasik untuk menikmati semangka adalah dengan mengirisnya menjadi irisan yang tebal dan berair, lalu mendinginkannya di lemari es.

Saat menikmati suguhan semangka dingin di tengah musim panas yang terik ini, rasakan manfaat nutrisinya, dan kegembiraan yang dihadirkan pada lidah Anda.