HOLOPIS.COM, JAKARTA – Netizen baru saja dibuat terkejut dengan sebuah berita viral di media sosial. Kali ini, dikabarkan bocah baru berusia 10 tahun sudah dinikahkan, padahal masih belum lulus sekolah dasar.

Sampai-sampai, mereka diberikan julukan pengantin termuda satu Madura. Diunggah akun Tiktok @karehestohh (30/1), terlihat dua bocah tersebut berpose di depan tembok sambil dikelilingi tamu undangan.

“Daripada melakukan yang aneh-aneh, lebih baik nikah,” kata @karehstohh, dikutip Holopis.com, Rabu (1/11).

Di cuplikan tersebut, mempelai wanita yang masih bocah itu memegang buket bunga yang diganti dengan uang pecahan seratus ribuan. Sementara mempelai pria yang juga merupakan bocah cilik mengenakan kemeja putih, dan peci berwarna hitam.

Kolom komentar pun dipenuhi netizen yang memiliki banyak pertanyaan. Menariknya, netizen di Tiktok dan Instagram memiliki pandangan berbeda. Netizen Tiktok mengatakan bahwa ini adalah fenomena yang biasa saja asalkan orang tua kedua pihak sama-sama setuju.

“Gak apa-apa nikah usia 18 tahun, yang penting sama-sama setuju orang tuanya,” kata @NanangKolera.

“Itu hal lumrah kalau di Madura, soalnya teman saya masih umur 18 tahun nikah,” kata @DiGistingII.

Sementara itu, netizen Instagram sebagian mengecam pernikahan dini tersebut. Banyak yang mengatakan bahwa usia tersebut belum pantas untuk menikah.

@karehestohh

dari pada melakukan yg anih2 lebih baek nikah ???? #Pyp #maduraviral

♬ suara asli – Kareh Estohh – Kareh Estohh

“Oh, SDM Indonesia emang sebenarnya yang paling urgent dibenerin,” kata @dimastikasanggatra.

“Ini Lembaga perlindungan anak nggak absen? Ini heran sama orang tuanya gimana isi uteke? Ngelus dodo aku,” kata @helooria.

“Akibat perkawinan di bawah umur terjadi, peningkatan angka perceraian atau banyaknya kasus kematian ibu saat melahirkan, selain itu perceraian juga menjadi pintu bagi masuknya tradisi baru yakni pelacuran,” kata @rumahkiri_.

Gimana nih menurut Sobat Holopis?