Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

FIFA Resmi Sanksi Rubiales Larangan Berkecimpung di Sepakbola 3 Tahun

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) secara resmi menjatuhkan sanksi berat kepada bekas Presiden Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF), Luis Rubiales, dengan larangan berkecimpung di dunia sepakbola selama tiga tahun lamanya.

Diketahui, sanksi tersebut merupakan buntut aksinya mencium Jenni Hermoso saat penyerahan medali di Piala Dunia Wanita 2023 lalu.

Rubiales secara terang-terangan mencium Jenni Hermoso di atas podium yang sedang disorot berbagai media di belahan dunia, hal itu kemudian dianggap merupakan sebuah pelecehan seksual.

Sebelumnya, Rubiales mengelak bahwa aksinya itu bukan lah sebuah tindakana pelecehan seksual, kemudian ia juga enggan mundur dari kursi Presiden RFEF atas dasar kecaman publik.

Meski begitu, kini Rubiales luluh dan resmi mundur dari jabatannya seiring dengan keberlanjutan kasusnya itu sendiri.

Sempat ada sanksi awal untuk Rubiales, dan sesuai pernyataan FIFA, bahwa induk sepakbola dunia itu akan terus melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Terbaru, FIFA kemudian memutuskan untuk menjatuhkan sanksi kepada Rubiales dengan hukuman larangan berkecimpung di dunia sepakbola selama tiga tahun.

Sanksi itu sudah sesuai dengan hukum FIFA, dimana Rubiales dinilai telah melanggar pasal 13 kode disiplin FIFA.

Pasal 13 Kode Disiplin FIFA itu sendiri mengatur mengenai perilaku ofensif hingga pelanggaran fair play.

“Komite Disiplin FIFA telah melarang Luis Rubiales, mantan Presiden RFEF dari semua aktivitas yang berhubungan dengan sepakbola di tingkat nasional dan internasional selama tiga tahun, karena diketahui bahwa ia bertindak melanggar pasal 13 kode disiplin FIFA,” tulis pernyataan FIFA, sebagaimana informasi yang dikutip Holopis.com, Selasa (31/10).

Sebagai inforamasi tambahan, Rubiales sejatinya masih diberikan kelonggaran untuk bisa mengajukan banding dengan kurun waktu 10 hari terkait sanksi tersebut.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Update Klasemen Liga 1 Per Pekan ke-5 : Borneo FC Tetap Teratas

Borneo FC Samarinda tetap duduk di puncak klasemen Liga 1 dengan total 13 poin, diikuti oleh Persebaya Surabaya dan PSM Makassar di peringkat dua dan tiga.

Ancelotti Akui Madrid Belum Mapan Performa

Manajer Real Madrid Carlo Ancelotti mengakui bahwa memang timnya belum menampilkan performa terbaik saat ini, dimana hal itu dikatakannya selepas susah payah mengalahkan Stuttgart di Liga Champions.

China Open 2024 : Jonatan Christie Susah Payah Singkirkan Popov

Jonatan Christie berhasil melangkah ke babak perempat final China Open 2024, usai sukses mengandaskan perlawanan wakil Prancis, Toma Junior Popov.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru