HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketombe adalah kotoran yang menempel di bagian kulit kepala dan bentuknya kecil menyerupai serpihan berwarna putih atau kuning. Memiliki ketombe dapat menyebabkan rasa gatal yang berlebihan. Jika keseringan digaruk, bisa melukai area kulit dan terasa perih.

Selain itu, rasa gatal gara – gara ketombean dapat mengganggu aktivitas sehari – hari dan garuk – garuk kepala dapat menimbulkan rasa malu atau menjadi tidak percaya diri karena dilihat banyak orang.

Baca penjelasan berikut ini untuk mengatasi masalah ketombean, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com, Selasa (31/10).

1. Menggunakan Sampo Anti Ketombe

Memiliki jenis rambut yang berminyak dapat memunculkan ketombe di bagian kulit kepala. Sehingga perlu melakukan keramas rambut secara rutin untuk mengangkat sel – sel kulit mati dan kotoran pada kulit kepala. Adapun cara lainnya yaitu dengan memilih jenis sampo anti ketombe yang cocok untuk kulit kepala kamu.

2. Gunakan Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memiliki kandungan anti jamur yang bisa mencegah terjadinya ketombe pada kulit kepala dan juga ada kandungan asam yang bisa mengembalikan pH kulit kepala.

Cara menggunakannya, campurkan ½ cangkir cuka sari apel dan 1 ½ cangkir air dingin. Lalu, oleskan ke seluruh permukaan kulit kepala. Setelah diolesi, bilas dengan air dan berikan kondisioner.

3. Menggunakan Bawang PutihTips

Membasmi ketombe dapat dilakukan dengan cara menggunakan bawang putih karena bawang putih memiliki sifat antijamur. Cara menggunakannya, siapkan bawang putih, air, dan madu.

Kemudian, geprek 1 sampai 2 siung bawang putih yang dicampurkan air dan madu. Setelah itu baru bisa diaplikasikan ke seluruh kulit kepala dan jangan lupa dibilas lagi dengan air biasa.

4. Memakai Minyak Kelapa

Bahan alami seperti minyak kelapa mampu menghilangkan ketombe dan membuat kulit kepala tetap lembab. Cara menghilangkan ketombe yaitu dengan mengoleskan minyak kelapa di bagian kulit kepala dan tunggu hingga beberapa menit. Lalu, dicuci dan bilas hingga bekas minyak kelapa sebelumnya hilang.