Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024
NewsEkobizSiap-siap, 18,8 Juta Warga Miskin Bakal Dapat BLT El Nino

Siap-siap, 18,8 Juta Warga Miskin Bakal Dapat BLT El Nino

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemerintah akan segera memberikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada setidaknya 18,8 juta warga miskin. Bantuan tersebut diketahui untuk meredam dampak fenomena El Nino.

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pihaknya di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menyiapkan anggaran sebesar Rp7,52 triliun untuk BLT El Nino.

Rencananya, BLT El Nino tersebut akan disalurkan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) pada November-Desember 2023 mendatang.

“Kami sediakan Rp7,52 triliun untuk BLT yang akan dilaksanakan oleh Kemensos,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTa yang dikutip Holopis.com, Kamis (26/10).

Sri Mulyani lantas menjelaskan, hahwa 18,8 juta masyarakat akan mendapat masig-mqsing akan mendar Rp200 ribu per bulan untuk November 2023-Desember 2023 demi menambah daya beli mereka,” imbuh Sri Mulyani soal alasan pemberian BLT.

Selain BLT El Nino, Menkeu Sri Mulyani mengatakan Presiden Joko Widodo bakal memperpanjang bantuan sosial (bansos) berupa beras 10 kg untuk Desember 2023 kepada 21,3 juta KPM. Program serupa sudah pernah dilakukan sejak September 2023.

Wanita yang akrab disapa Ani itu menekankan APBN harus hadir di tengah krisis, termasuk dalam peningkatan bansos untuk masyarakat miskin. Selain itu, ia menyebut pemerintah mau memperkuat kegiatan ekonomi di level akar rumput, terutama usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

OJK Catat Total Kredit Berkelanjutan Perbankan Rp 1.959 Triliun

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan total kredit atau pembiayaan berkelanjutan Perbankan yang telah disalurkan hingga tahun 2023 mencapai Rp 1.959 triliun.

Pasar Modal Sepekan, Ada Pencatatan 1 Obligasi di BEI

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat kinerja pasar modal di Indonesia selama sepekan terakhir, atau selama periode 9 - 13 September 2024 mengalami peningkatan. Dimana pada periode tersebut, terdapat 1 pencatatan obligasi di pasar modal.

Asmindo Sebut Pembangunan IKN Jadi Berkah Bagi Industri Mebel

Program pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) membawa angin segar bagi para pelaku usaha, khususnya para pelaku Usaha Kecil Menegah (UKM) di industri mebel dan kerajinan dalam negeri.

Panas! Arsjad Rasjid Diusir dari Menara Kadin

Tensi di internal Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia kini semakin memanas, setelah perhelata Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang digelar pada Sabtu (14/9).