Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Ultah PBB, Pentingnya Perdamaian Dunia demi Keamanan Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari ini, tanggal 24 Oktober 2023 merupakan ulang tahun Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) atau United Nations (UN) yang ke-78. Sebuah hari yang diharapkan bisa mengingatkan masyarakat pentingnya posisi PBB dalam menjaga perdamaian dunia.

Apalagi, tahun ini bisa dibilang bukan tahun paling aman untuk masyarakat menjalani kehidupan sehari-hari. Peperangan besar sedang terjadi di beberapa wilayah di belahan bumi ini.

Seperti perang Palestina – Israel dan Rusia – Ukraina yang menewaskan ribuan nyawa tak berdosa.

Di sinilah, janji PBB akan diuji untuk menjaga keamanan dan mengedepankan keselamatan manusia dibandingkan kepentingan yang lain.

Lalu, bagaimana sejarahnya organisasi ini terbentuk?

Sejarah Ulang Tahun PBB

Pada tanggal 24 tahun 1945, PBB resmi dibentuk setelah ratifikasi Piagam oleh lima anggota tetap Dewan Keamanan dan mayoritas negara-negara anggota lainnya.

Kemudian pada tanggal 10 Januari 1946 tepatnya di Kota London, Inggris, perjalanan organisasi ini pun dimulai.

PBB saat awal terbentuk
Proses awal-awal terbentuknya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). [Foto: Ist]

Sama seperti hingga hari ini, misi PBB adalah untuk memelihara perdamaian dunia, dan meningkatkan kerjasama antara dunia internasional. Kemudian peran PBB pun berkembang hingga hak asasi manusia, serta pembangunan berkelanjutan. Saat ini, sebanyak 193 negara sudah menjadi anggota PBB.

Hal ini diharapkan bisa membantu negara-negara di seluruh dunia untuk bekerja sama dan, mencari jalan keluar atas masalah-masalah yang mereka hadapi.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.

5 Khasiat Buah Anggur Merah, Manis dan Banyak Manfaat Baik

Siapa sih yang tidak suka dengan anggur merah? Anggur merah adalah buah yang bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru