BerandaNewsEkobizMenteri ESDM Klaim Program 'Rice Cooker Gratis' Bisa Tekan Impor LPG

Menteri ESDM Klaim Program ‘Rice Cooker Gratis’ Bisa Tekan Impor LPG

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri ESDM, Arifin Tasrif buka suara terkait program 500.000 unit rice cooker gratis yang akan dibagikan kepada masyarakat mulai November 2023 mendatang.

Dia pun kembali menegaskan, bahwa program bagi-bagi rice cooker secara cuma-cuma itu sejalan dengan upaya pemerintah mengurangi emisi gas rumah kaca melalui program elektrifikasi nasional.

“Bagus itu (program rice cooker gratis) kita kan mau elektrifikasi, apa mau bakar LPG terus?” kata Arifin dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (23/10).

Dia pun menyayangkan Indonesia masih saja melakukan impor LPG. Padahal potensi sumber energi baru dan terbarukan (EBT) yang dimiliki Indonesia saat ini sudah terbilang cukup besar.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Kita sekarang kan punya, sumber energi baru kita kan banyak. Nanti nggak terpakai, sementara kita impor (LPG), nggak pas,” tandasnya.

Dengan adanya program pembagian rice cooker tersebut, Arifin berharap dapat menekan konsumsi LPG subsidi yang setiap tahunnya terus membebani keuangan negara, sekaligus menekan impor LPG yang saat ini tengah mengalami defisit.

Nantinya, tidak semua masyarakat akan memperoleh rice cooker secara cuma-cuma dari masyarakat. Terdapat sejumlah kriteria yang harus dipenuhi untuk mendapat rice cooker gratis dari pemerintah ini.

Adapun kriteria tersebut diantaranya yakni rumah tangga dengan daya listrik 450 VA sampai dengan 1.300 VA, berdomisili di daerah yang tersedia listrik 24 jam, dan tidak memiliki rice cooker.

Adapun saat ini program rice cooker gratis ini tengah memasuki tahap verifikasi calon penerima, yang ditargetkan rampung pada akhir bulan Oktober 2023. Sehingga proses penyaluran dapat dilakukan sesuai jadwal, yakni pada November 2023.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Hari Minggu, Harga Emas Antam Libur Dulu

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Rapor Bursa Saham Sepekan, Kapitalisasi Pasar Catatkan Rekor Tertinggi

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada akhir perdagangan pekan ini mengalami kenaikan sebesar 2,69 persen ke level 7.253,3, dari penutupan pekan lalu yang berada di level 7.063,5.

Harga Emas di Pegadaian Melambung, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak naik pada perdagangan hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.

Jokowi Sebut Harga Pangan di Sulsel Lebih Murah dari Jawa, Kok Bisa?

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, bahwa harga sejumlah komoditas pangan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam keadaan sangat baik. 
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS