BerandaNewsEkobizMenteri ESDM Bantah Program 'Rice Cooker Gratis' Gimick Politik

Menteri ESDM Bantah Program ‘Rice Cooker Gratis’ Gimick Politik

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif membantah adanya tudingan yang menyebut program pembagian alat memasak berbasis listrik (AML) atau rice cooker gratis ke masyarakat merupakan gimick politik.

Tudingan tersebut muncul lantaran pembagian alat penanak nasi secara cuma-cuma itu berlangsung di tahun politik, menjelang Pemilu 2024.

“Nggak lah,” kata Menteri Arifin membantah tudingan program rice cooker gratis menjadi gimick politik, (23/10) seperti dikutip Holopis.com.

Menurut Arifin, program rice cooker gratis tersebut merupakan upaya pemerintah untuk mengurangi impor LPG, khususnya LPG bersubsidi yang selama ini telah membebani keuangan negara karena angka konsumsi yang terus meningkat tiap tahunnya.

Penerbit Iklan Google Adsense

Di samping itu, program ini juga ditujukan meningkatkan konsumsi listrik. Hal itu menurutnya, sejalan dengan dengan upaya pemerintah mengurangi emisi gas rumah kaca melalui program elektrifikasi nasional.

“Kita kan mau elektrifikasi, apa mau bakar LPG terus?” tandasnya.

Arifin pun menyayangkan Indonesia sampai saat ini masihnmelakukan impor LPG. Padahal sumber energi baru dan terbarukan (EBT) di Tanah Air terbilang cukup besar. Bahkan PT PLN sekarang ini tengah mengalami kelebihan pasokan listrik (over supply).

Oleh sebab itu, ia berharap dengan adanya program rice cooker tersebut, dapat mengatasi permasalahan over supply tersebut, sekaligus menekan angka konsumsi LPG rumah tangga.

“Kita sekarang kan punya, sumber energi baru kita kan banyak. Nanti nggak terpakai, sementara kita impor (LPG), nggak pas,” tukasnya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

IHSG Gacor, Ikuti Penguatan Bursa Saham Kawasan Asia dan Global

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Kamis (4/7) berhasil ditutup menguat, mengikuti penguatan bursa saham kawasan Asia dan Global.

Jokowi di Karawang Resmikan Proyek Ekosistem Kendaraan Listrik

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan proyek ekosistem kendaraan listrik dan pabrik sel baterai listrik. Ia mengklaim bahwa proyek ini menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

Emas Antam Turun Harga Rp3 Ribu Per Gram Hari Ini

Update harga tersebut berdasarkan pantauan dari laman Logam Mulia, sehingga harga emas batangan terbaru menjadi Rp1.365.000 per gram.

Takjub dengan Atmosfer Jakarta Fair, Ida Fauziyah: Ekonomi Masyarakat Tumbuh

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengapresiasi kehadiran masyarakat ke pameran multiproduk yang bertempat di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran tersebut.

Harga Jual Emas Antam Naik Lagi, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

IHSG Rawan Profit Taking, Tapi Saham Ini Bisa Jadi Ladang Cuan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi rawan profit taking atau pullback pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS