Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Daftar Pahlawan Nasional Berlatar Belakang Santri

Selama 17 tahun, ia terus menggeluti ilmu agama dari satu pesantren ke pesantren lainnya.

Pada tanggal 6 November 1972, KH Zainal Mustofa diangkat sebagai Pahlawan Pergerakan Nasional melalui Surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 064/TK/Tahun 1972.

KH Noer Ali

KH Noer Ali merupakan sosok ulama dan tokoh dari Bekasi, Jawa Barat yang menyandang status Pahlawan Nasional. Ia tercatat pernah mendapatkan pendidikan agama Islam dari beberapa guru di sekitar Bekasi.

Pada tahun 1934, ia menunaikan ibadah haji di Makkah. Tak hanya itu, di Tanah Suci dia juga memperdalam ilmu agamanya.

Selepas dari Makkah, Noer Ali sempat menimba ilmu pada Guru Maksum di Kampung Bulak, Guru Mughni, dan Pesantren pada Guru KH Marzuki.

Selama menuntut ilmu itulah KH Noer Ali melihat tindakan sewenang-wenang penjajah dan maksiat di lingkungan sekitar. Sehingga dia melakukan perlawanan terhadap tindakan-tindakan kaum penjajah.

Atas tindakannya itu, Noer Ali didapuk sebagai Pahlawan Nasional oleh pemerintah Indonesia pada tahun 2006 lalu, yakni melalui Keppres Nomor 085/TK/2006.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
[adrotate banner="1"]

Berita Terbaru