BerandaNewsRagamPLN Siap Pensiunkan Dini 52 PLTU Batu Bara hingga 2030

PLN Siap Pensiunkan Dini 52 PLTU Batu Bara hingga 2030

HOLOPIS.COM, JAKARTA – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) secara bertahap akan mulai melakukan pensiun dini terhadap Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berbahan bakar batu bara di Indoneaia.

Secara total, PLN telah menargetkan setidaknya sebanyak 52 unit PLTU batu bara akan dipensiunkan hingga 2030 mendatang. Hal itu dilakukan tersebut dilakukan sebagai upaya PLN mendukung target pemerintah mencapai Net Zero Emission (NZE) pada 2060 mendatang.

Direktur Manajemen Resiko PLN, Suroso Isnandar menjelaskan, dalam melakukan pensiun dini PLTU berbahan bakar fosil itu, pihaknya menerapkan pendekatan coal face down, yaitu dengan menghentikan kinerja operasional namun tidak membongkar bangunan instalasinya.

“Jadi operasionalnya berhenti, tapi tidak dibongkar. Pendekatan ini dipilih karena ekonomi kita masih tumbuh dengan ditopang oleh energi listrik yang sebagian besar masih dari PLTU batu bara,” tutur Suroso dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (19/10).

Penerbit Iklan Google Adsense

Pendekatan tersebut, katanya, sudah mulai diterapkan di sejumlah PLTU milik PLN. Salah satunya PLTU Suralaya, Cilegon, Banten yang dioperasikan oleh PT Indonesia Power. PLTU Suralaya pada unit 1,2,3,4 yang masing-masing berkapasitas 400 MW atau 1.600 MW dipastikan Suroso telah memasuki masa pensiun pada 2023 ini.

Namun, sesuai konsep pendekatan coal face down yang diterapkan PLN, pemerintah masih belum membongkar bangunan dari unit-unit PLTU tersebut.

Dengan begitu, unit-unit tersebut masih bisa dijalankan kembali apabila pemerintah di kemudian hari membutuhkan pasokan listrik untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat.

“Jadi ketika sewaktu-waktu nanti masih dibutuhkan untuk mencukupi pasokan listrik yang dibutuhkan masyarakat, PLTU ini masih bisa difungsikan kembali,” tegas Suroso.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Tahun Baru Islam Harus Jadi Ajang Kontemplasi Nasionalisme

Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia, Prof Mahfud MD, mengatakan bahwa tahun baru Islam harus menjadi ajang untuk perenungan bagi seluruh bangsa Indonesia untuk merawat nasionalisme dan rasa persaudaraan antar sesama anak bangsa.

Lokasi SIM Keliling Hari Senin 8 Juli di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Senin 8 Juli 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Banjir Landa Lima Kecamatan di Bone Bolango

Bencana banjir melanda beberapa wilayah pada lima kecamatan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Mie Instan Bikin Gendut, Bener Gak Sih?

Mie instan adalah makanan instan yang popular tak hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia karena kemudahan dalam penyajiannya dan rasa yang nikmat.

Ribuan Rumah di Kabupaten Cirebon Terendam Banjir

Bencana banjir melanda ribuan rumah warga di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat.

Sejumlah Bangunan di Kabupaten Batang Rusak Pasca Gempa

Bencana gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 4.4 mengguncang wilayah Kabupaten Batang dan sekitarnya.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS