HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pembalap Repsol Honda, Joan Mir mengalami crash (jatuh) hingga harus keluar dari balapan di sirkuit Mandalika Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) saat series MotoGP Indonesia pada Minggu (17/10).

Pembalap kebangsaan Spanyol itu terjatuh akibat ulahnya sendiri, karena terlalu percaya diri ingin menyalip pembalap Yamaha Monster yakni Franco Mordibelli yang saat itu berada di depannya. Akibatnya dia terpelintir sehingga terpaksa harus gagal finish atau Did Not Finish (DNF).

“Begini, saya jatuh, jadi jelas sekali akibatnya adalah sebuah malapetaka, tapi saya bisa melihat beberapa potensi hari ini. Saya memulai dengan baik tetapi saya sedikit mengejar Morbidelli,” kata Joan Mir, seperti dikutip Holopis.com, Rabu (17/10).

Setelah terjatuh, mantan pembalap Suzuki tersebut berinsiatif memaksakan diri untuk memacu kecepatan tinggi demi mengejar ketertinggalan Jack Milner pada menit 1,31 detik, dibandingkan Jorge Martin yang saat itu masih di belakangnya.

“Saya memulihkan diri dan memiliki kecepatan yang baik pada menit ke-1’31, mengejar grup bersama Miller. Satu-satunya orang yang memiliki waktu lebih baik di depan adalah Martin jadi kami benar-benar harus fokus pada hal ini adalah poin positif,” ujarnya.

Meski begitu, Joan Mir tetap optimis dengan gaya berkendaranya yang membuat dirinya bahagia selama di Mandalika, Kecuali saat moment dirinya terjatuh. Kemudian, dirinya juga sudah sampai ke Philip Island di Australia untuk berlatih memperbaiki kinerjanya.

“Saya senang untuk ini, tapi jelas tidak senang terjatuh. Sekarang kami akan langsung menuju Phillip Island, trek yang sangat saya sukai, jadi mudah-mudahan kami bisa lebih cepat di sana dan terus berkembang,” pungkasnya.