Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Cuaca Panas Bisa Sebabkan Berbagai Penyakit, Ini Cara Mengatasinya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Beberapa wilayah di Indonesia saat ini sedang melewati cuaca panas terik. Banyak netizen yang mengeluhkan panas, termasuk di ibu kota yang membuat mereka kelelahan tiap kali beraktivitas.

Bahkan, pendingin ruangan juga tidak mampu menjaga kesejukan di dalam ruangan. Tak hanya memberikan rasa tidak nyaman, cuaca yang terlalu panas juga bisa menyebabkan berbagai kondisi kesehatan yang tak diinginkan, seperti dehidrasi, heatstroke, dll yang terkait dengan suhu tinggi.

Namun Sobat Holopis jangan khawatir, ini dia beberapa cara untuk mengatasi risiko dehidrasi dan masalah kesehatan lainnya yang berhubungan dengan cuaca panas.

1. Minum Air Secukupnya

Dehidrasi adalah risiko utama saat cuaca panas. Pastikan Sobat Holopis  cukup minum air, terutama air putih. Hindari minuman beralkohol atau berkafein karena mereka dapat meningkatkan risiko dehidrasi.

2. Kenali Tanda-tanda Dehidrasi

Waspadai tanda-tanda dehidrasi, seperti mulut kering, kulit kering, penurunan produksi urin, dan pusing. Jika Sobat Holopis mengalami tanda-tanda ini, segera minum air.

3. Pakai Pakaian yang Tepat

Kenakan pakaian yang longgar, berwarna terang, dan berbahan katun atau linen yang dapat membantu tubuh mengatur suhu.

4. Gunakan Topi dan Kacamata Hitam

Melindungi kepala dan mata dari sinar matahari adalah penting. Pakai topi lebar dan kacamata hitam dengan perlindungan UV.

5. Hindari Berada di Bawah Matahari Langsung

Jika memungkinkan, hindari berada di bawah sinar matahari langsung pada puncak panas, terutama antara pukul 10 pagi hingga 4 sore.

Jaga terus kesehatannya ya, Sobat Holopis!

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.

5 Khasiat Buah Anggur Merah, Manis dan Banyak Manfaat Baik

Siapa sih yang tidak suka dengan anggur merah? Anggur merah adalah buah yang bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru