HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tidak bisa dipungkiri rambut di area Miss V yang lebat memang seringkali membuat wanita menjadi tidak nyaman. Tak heran jika sebagian wanita memilih melakukan waxing pada bagian tersebut.

Perlu diakui, melakukan waxing memang akan membuat area vagina menjadi bersih. Namun di sisi lain, cara tersebut ternyata memiliki dampak negatif, khususnya bagi kesehatan.

Seorang seksolog bernama dr Boyke Dian Nugraha menjelaskan, bahwa rambut-rambut yang ada pada area vagina berfungsi untuk melindungi vagina dari serangan kuman hingga virus.

“Rambut-rambut itu sebenarnya dia bisa menjadi penyaring kuman, jamur, virus, sebelum masuk Miss V itu dia akan tertahan dulu di rambut tersebut,” jelas dr Boyke dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Minggu (15/10).

Sehingga apabila dilakukan waxing, maka fungsi rambut vagina tersebut tentu akan hilang dan vagina wanita pun akan mudah terserang kuman.

“Tetapi kalau waxing sampai habis dipaksa lagi kalau waxing dipaksa kan, nah dia akan mudah terjadi pertama infeksi didaerah situ jendol-jendol seperti jerawat,” ucapnya.

Untuk itu, dr Boyke menyarankan, agar terlihat lebih rapi, sebaiknya cukur pendek saja, sehingga masih bisa melindungi vagina wanita dari penyebab infeksi.

“Tetapi kalo dia dipotong pendek aja itu akan sangat lebih aman baik laki-laki maupun perempuan,” tutupnya.