Categories: Ekobiz

Intip 5 Strategi OJK Susun Peta Jalan Industri Pinjol

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) diketahui tengah menyusun roadmap atau peta jalan industri fintech peer-to-peer (P2P) lending yang sehat, berintegritas, dan inklusif.

Fintech P2P lending adalah layanan pinjam meminjam uang secara langsung antara lender atau pemberi pinjaman, dengan borrower atau penerima pinjaman berbasis teknologi informasi, atau yang biasa dikenal pinjaman online (pinjol).

Dalam penyusunan peta jalan industri ini, OJK akan befokus pada 5 (lima) strategi, salah satunya yakni penguatan permodalan, tata kelola, dan manajemen risiko.

“OJK sedang menyusun roadmap industri fintech P2P lending, di mana OJK fokus pada lima strategi,” kata Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya OJK, Agusman dalam keterangan tertulis yang diterima Holopis.com, Minggu (15/10).

Agusman menjelaskan, penyusunan peta jalan tersebut merupakan upaya OJK dalam mendorong industri fintech P2P lending lebih efektif dalam penyaluran pinjaman atau pembiayaan bagi pelaku usaha khususnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM),

Adapun untuk lima strategi OJK dalam mewujudkan fintech P2P lending yang sehat, meliputi penguatan permodalan, tata kelola, dan manajemen risiko. Kemudian penguatan pengaturan, pengawasan, dan perizinan.

Selanjutnya yakni penguatan perlindungan konsumen, pengembangan elemen ekosistem, dan yang terakhir yakni pengembangan infrastruktur data dan sistem informasi.

Melalui penerapan strategi tersebut, lanjut Agusman, diharapkan terbentuknya industri fintech P2P lending yang sehat, berintegritas, dan inklusif.

Selain itu, diharapkan juga terlaksananya perlindungan konsumen fintech P2P lending yang memadai, terciptanya elemen ekosistem yang mendukung pengembangan dan penguatan fintech P2P lending, serta tersedianya infrastruktur data dan sistem informasi yang mendukung pengembangan dan penguatan fintech P2P lending.

Khoirudin Ainun Najib

Share
Published by
Khoirudin Ainun Najib
Tags: OJK

Recent Posts

Tok! Gugatan Praperadilan Pegi Setiawan Dikabulkan Hakim, Polda Jabar Kalah Telak

Hakim tunggal PN Bandung, Eman Sulaeman mengabulkan gugatan praperadilan Pegi Setiawan atas status tersangka yang…

16 menit ago

Putusan Praperadilan Pegi Setiawan Dibacakan Hari Ini

Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Bandung dijadwalkan membacakan putusan praperadilan yang diajukannya, menentukan nasib Pegi…

35 menit ago

Lokasi SIM Keliling Hari Senin 8 Juli di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Senin 8 Juli 2024 beroperasi di…

45 menit ago

Niat Hati Kampanye Anti Korupsi, Kementan Malah Dirujak Netizen

Kementerian Pertanian mengunggah sebuah flyer yang mengangkat tema anti korupsi, namun menggunakan konsep film yang…

3 jam ago

Manfaat Shalat Tahajud: Kebiasaan yang Mengubah Hidup

Shalat Tahajud adalah shalat sunnah yang dilakukan pada waktu malam setelah tidur. Shalat ini memiliki…

7 jam ago

Aparat Tembak Mati Teroris Papua

Aparat gabungan TNI Polri melakukan penyerbuan markas teroris Papua di Topo, Nabire.

8 jam ago