BerandaDaerahJatengPj Gubernur Sebut Pilkada di Jateng Rawan Konflik

Pj Gubernur Sebut Pilkada di Jateng Rawan Konflik

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Komjen Pol (Purn) Nana Sudjana menyebut, bahwa tujuh Pilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Jateng masuk dalam peta daerah yang rawan konflik.

Nana mengungkapkan, data dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menunjukkan bahwa daerah yang dipimpinnya saat ini masuk dalam kategori rawan sedang.

“Ketika pemilu itu tidak ada daerah aman dan tenang. Semua ada rawannya, kategori rawan sangat tinggi, rawan tinggi, dan rawan sedang,” kata Nana dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (10/10).

Setidaknya, terdapat tujuh daerah penyelenggara Pilkada yang rawan konflik. Ketujuh wilayah tersebut diantaranya yakni Kota Semarang, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Magelang.

Penerbit Iklan Google Adsense

Nana pun mengingatkan seluruh pihak terkait, khususnya personel gabungan dari TNI dan Polri, serta Satgas Cooling System yang dibentuk Polda Jateng untuk tetap siaga.

Ia juga meminta agar dilakukan pemetaan daerah rawan konflik, termasuk juga pemetaan potensi pwnywbaran berita atau informasi hoaks selama tahapan pemilu berlangsung.

“Bisa jadi kelihatannya di sini tenang, tetapi saya ingatkan soal kesiapsiagaan. Rasa aman ini harus betul-betul dijaga, untuk menjaga stabilitas Jawa Tengah,” tuturnya.

Lebih lanjut, Nana menekankan soal tiga hal yang menjadi indikator keberhasilan pelaksaan pemilu, diantaranya yakni partisipasi pemilih yang tinggi, tidak adanya konflik yang merusak persatuan, serta pemerintahan dan pelayanan masyarakat berjalan tanpa gangguan selama pemilu berjalan.

“Itu yang harus selalu kita sosialisasikan dan jaga, agar penyelenggaraan Pemilu nanti sukses,” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

BMKG Prediksi Cuaca Jateng Bakal Diguyur Hujan Siang-Malam Ini, Simak Wilayahnya

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jateng (Jawa Tengah) pada hari ini, Minggu 7 Juli 2024.

Festival Kuliner Non Halal di Paragon Solo, Sempat Diprotes dan Dihentikan

Festival Kuliner Pecinan Nusantara yang dihelat di Solo Paragon Mall sejak 3 Juli 2024 menuai kontroversi. Acara yang menyajikan berbagai hidangan non-halal ini mendapat protes dari beberapa ormas Islam di Solo, bahkan berujung pada penghentian event.

Cuaca Jateng Bakal Dilanda Hujan Hari Ini, Cek Sebarannya

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jateng (Jawa Tengah) pada hari ini, Kamis 4 Juli 2024.

BMKG Prediksi Cuaca Jateng Bakal Turun Hujan, Cek Sebarannya

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jateng (Jawa Tengah) pada hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

Cuaca Jateng Masih Berpotensi Turun Hujan Hari Ini, Cek Wilayahnya

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jateng (Jawa Tengah) pada hari ini, Senin 1 Juli 2024.

Sedia Payung, Mulai Siang Hari Cuaca Jateng Berpotensi Turun Hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jakarta pada hari ini, Jumat 28 Juni 2024.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS