BerandaHistoryTema dan Sejarah Hari Pos Sedunia, 9 Oktober 2023

Tema dan Sejarah Hari Pos Sedunia, 9 Oktober 2023

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Pos Sedunia atau World Post Day (WPD) diperingat pada 9 Oktober di setiap tahunnya.

Hari Pos Sedunia itu sendiri diperingati sekaligus menandai lahirnya Serikat Pos Universal tahun 1874 silam di Bern, Swiss.

Lantas, seperti apa sejarahnya? Dan apa tema yang diusung untuk Hari Pos Sedunia tahun ini?

Sejarah Hari Pos Sedunia

Dikutip Holopis.com dari situs resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Senin (9/10), peringatan Hari Pos Sedunia itu sendiri dirayakan seiring dengan berdirinya Serikat Pos Universal tahun 1874 silam di Bern, Swiss.

Penerbit Iklan Google Adsense

Hari Pos Sedunia disahkan melalui Kongres Universal Posal Union (UPU) pada tahun 1969 di Tokyo, Jepang.

Apa itu UPU? UPU adalah organisasi Internasional yang dinilai tertua kedua di dunia setelah International Telecommunication Union (ITU).

ITU sendiri berfungsi sebagai untuk mengkomunikasikan setiap kebijakan pos antar negara anggota, dimana kemudian berubah menjadi salah satu badan di PBB pada 1 Juli 1948.

Ketika itu lah seluruh dunia ikut merayakan Hari Pos Sedunia yang jatuh pada 9 Oktober, yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik secara menyeluruh terkait kegiatan dan peran pos.

Tema Hari Pos Sedunia 2023

Pada tahun ini, Hari Pos Sedunia mengusung tema ‘Together for trust: Collaborating for a safe and connected future’, yang berarti Bersama untuk kepercayaan: Berkolaborasi untuk masa depan yang aman dan terhubung.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Hari Pustakawan Nasional 7 Juli, Simak Serajarahnya

Hari Pustakawan Nasional yang diperingati setiap tanggal 7 Juli memiliki sejarah yang panjang dan penting bagi perkembangan literasi di Indonesia.

Sejarah Penetapan 1 Muharram sebagai Awal Tahun Baru Islam

1 Muharram merupakan hari pertama dalam kalender Hijriah, atau sebagai pertanda tahun baru Islam. Momen pergantian tahun ini merupakan momen yang sangat dinantikan - nantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia.

Hari Bulutangkis Sedunia, Gembira dalam Olahraga

Setiap tahun pada tanggal 5 Juli, komunitas bulutangkis di seluruh dunia bersatu untuk merayakan Hari Bulutangkis Sedunia.

Hari Bank Indonesia : Sejarah Serta Maknanya

Hari Bank Indonesia selalu diperingati di Indonesia setiap tahunnya tepat di tanggal 5 Juli.

Menelusuri Jejak Sejarah Rokok di Indonesia

Rokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, bukan sekadar benda untuk dihisap. Rokok telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya dan tradisi, menemani berbagai momen penting dalam kehidupan

Sejarah Stadion Olimpiade Berlin yang Jadi Venue Laga Pembuka 16 Besar Euro 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Stadion Olimpiade Berlin atau Olympiastadion resmi jadi venue laga pembuka babak 16 besar Euro 2024. Lantas, seperti apa sejarah stadion tersebut?...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS