HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kargo logistik tim balap MotoGP akan tiba di Indonesia secara bertahap, sejak 28 September hingga 9 Oktober 2023. Kargo akan dikirim melalui jalur laut dan udara.

Total logistik yang dikirim melalui jalur laut dan udara, ada sekitar 525 ton kargo yang berada di Lombok selama MotoGP Mandalika 2023.

Ada 20 kontainer dari Eropa dan Asia. Sebelum dibawa ke sirkuit Mandalika, kontainer itu diperiksa pihak Bea Cukai di Tanjung Priok Jakarta dan Tanjung Perak Surabaya.

Kemudian, kontainer tersebut langsung dikirim menuju Pelabuhan Lembar, Lombok , Nusa Tenggara Barat, melalui jalur laut sebelum dikirim ke sirkuit Mandalika.

Lalu, logistik MotoGP yang dikirim melalui jalur udara diangkut menggunakan Nippon Cargo Airlines.

Pesawat pertama dengan nomor penerbangan KZ6231 mengangkut motor, spare part, dan alat pendukung MotoGP tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid (BIZAM) bermuatan kurang lebih 111 ton. Selanjutnya, menyusul pesawat kedua dengan nomor KZ2233 bermuatan kurang lebih 93 ton.

Sebelumnya diberitakan, MotoGP Mandalika 2023 akan digelar pada 13-15 Oktober 2023, di Pertamina Mandalika International Circuit. Logistik para pembalap, mulai berdatangan.

Bahkan, beberapa pembalap juga sudah berada di Indonesia untuk menikmati keindahan alam tanah air.

Untuk mengurus kedatangan logistik tim balap MotoGP, akan ditangani oleh Angkasa Pura Logistik (APLog) yang kembali dipercaya menangani kargo MotoGP 2023.

Penyelenggara MotoGP percayakan APLog menangani kargo MotoGP, karena dinilai telah berhasil menangani beberapa kargo internasional di berbagai event sebelumnya.