HOLOPIS.COM, JAKARTA – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memastikan bahwa pihaknya telah memberikan instruksi kepada seluruh jajaranya untuk membantu proses pemadaman karhutla yang terjadi di sejumlah wilayah.

Hal tersebut dikarenakan kondisi cuaca El Nino yang membuat kondisi kebakaran lahan makin meluas di sejumlah wilayah dan membuat polusi asap.

“Dengan kondisi El Nino seperti ini, kebakaran terjadi dimana-mana. Saya sudah sampaikan TNI siap menurunkan personel untuk pemadaman karhutla maupun tempat-tempat sampah yang terbakar,” kata Yudo dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (7/10).

Khusus untuk daerah tertentu, mantan Kepala Staf TNI Angkatan Laut itu juga telah mengerahkan jajarannya untuk membantu melakukan modifikasi cuaca dan menurunkan hujan.

“Kita juga sudah memodifikasi cuaca dan ini sudah dilaksanakan dimana-mana khususnya di Kalimantan, di Jambi, Riau,” ungkapnya.

Usaha itu pun telah dilakukan sejak 2 bulan yang lalu. Yudo pun berkata alasan belum berhasil-nya pemadaman akibat cuaca yang terlalu panas.

“Ya tentunya ini sudah kita usahakan sejak 2 bulan yang lalu dan berbagai cara telah kita lakukan untuk memadamkan Karhutla yang sedang berlangsung disertai cuaca yang sedang panas seperti ini,” pungkasnya.