Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizPemerintah Buka Opsi Impor Beras 1,5 Juta Ton Lagi Tahun Ini

Pemerintah Buka Opsi Impor Beras 1,5 Juta Ton Lagi Tahun Ini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemerintah membuka opsi impor beras sebanyak 1,5 juta ton pada akhir tahun 2023 ini, tepatnya pada bulan Desember 2023.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi mengatakan, opsi impor tersebut muncul seiring produksi beras yang mengalami defisit hingga akhir tahun.

“Setelah November 1,5 juta ton [impor], pokoknya apapun kita kerjakan. Kalau memang kurang, kenapa enggak? pilih mana punya stok atau tidak punya stok?,” kata Arief dalam keterangannya, Rabu (4/10) yang dikutip Holopis.com.

Dengan adanya penambahan tersebut, total impor beras yang dilakukan pemerintah di tahun ini berpotensi lebih dari 2 juta ton.

Kendati demikian, Arief menegaskan bahwa impor beras akan dilakukan pemerintah secukupnya guna memenuhi kebutuhan cadangan pemerintah dan stabilisasi harga.

Pun untuk penyerapan dari petani saat ini terbilang hampir sulit untuk dilakukan Bulog. Hal itu karena harga di tingkat petani yang sudah terlalu tinggi.

Untuk itu, Bulog terus melakukan penjajakan impor untuk memastikan stok cadangan beras berada dalam level yang aman, yakni 1 juta ton di akhir tahun.

“Hitungan kita ya begitu,” tandasnya.

Sejauh ini, total beras impor yang sudah didatangkan Bulog sebanyak 1,7 juta ton. Pada November 2023 mendatang, total beras impor yang datang ditargetkan sebanyak 2 juta ton.

Adapun untuk stok beras yang dimiliki Bulog saat ini, yakni sebanyak 1,7 juta ton akan digunakan untuk operasi pasar dan bantuan pangan ke 21,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) hingga November 2023.

Dengan demikian, pemerintah masih membutuhkan tambahan kuota beras impor sebagai antisipasi menjaga stok beras akhir tahun, mengingat risiko penurunan produksi masih mungkin terjadi karena El Nino.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Tambah Sajian Kuliner, PT JMRB Resmi Hadirkan Gerai Eats and Co di Travoy Hub

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagai bentuk mendongkrak kebutuhan pengunjung dari...

Australia Hentikan Penyelidikan Antidumping Produk Nanas Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemerintah Australia memutuskan untuk menghentikan penyelidikan...

IHSG Melesat Usai BI dan The Fed Turunkan Suku Bunga

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Sesi I hari ini, Kamis (19/9), melesat hingga berhasil tembus level resistance 7.900.

SRBI Makin Laku, Kepemilikannya Capai Rp 918,42 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat kepemilikan Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) sampai dengan tanggal 17 September 2024 telah mencapai Rp 918,42 triliun.