BerandaNewsEkobizWaduh, 1,2 Juta Ton Beras Terancam Gagal Produksi

Waduh, 1,2 Juta Ton Beras Terancam Gagal Produksi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Setidaknya sebanyak 1,2 juta ton beras dalam negeri terancam gagal produksi. Hal itu sebagaimana diungkap Wakil Menteri Pertanian (Wamentan), Harvick Hasnul Qolbi.

Harvick menjelaskan, ancaman itu merupakan dampak dari fenomena El-Nino dan kemarau panjang yang melebihi prakiraan sebelumnya. Namun ia berharap, penurunan produksi tersebut tidak terlalu berdampak serius.

“Ini yang sementara bisa kita identifikasi kurang lebih 1,2 juta ton, tapi kalau kita mengacu pada angka produksi kita yang di atas 30 juta ton, mudah-mudahan ini tidak terlalu terdampak serius,” kata Harvick dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (3/10).

Seperti diketahui, pemerintah sendiri sejauh ini sudah melakukan impor beras untuk memenuhi cadangan pangan pemerintah. Sehingga potensi penurunan produksi ini seharusnya tidak berpengaruh terhadap pasokan dalam negeri.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Sesuai arahan Presiden, adapun penurunan produksi beras coba kita atasi sementara ini dengan melakukan kegiatan impor sebagai salah satu bentuk cadangan pangan CBP,” ujar Harvick.

Di sisi lain, pemerintah juga telah menyiapkan strategi guna menekan harga beras di pasar, salah satunya yakni melakukan operasi pasar.

“Mudah-mudahan ini cukup efektif kita lakukan, bersinergi dengan kementerian lain, utamanya Kemendag dan Bapanas,” tukasnya.

Temukan kami juga di Google News
BERITA LAINNYA

Emas Antam Turun Harga Rp3 Ribu Per Gram Hari Ini

Update harga tersebut berdasarkan pantauan dari laman Logam Mulia, sehingga harga emas batangan terbaru menjadi Rp1.365.000 per gram.

Takjub dengan Atmosfer Jakarta Fair, Ida Fauziyah: Ekonomi Masyarakat Tumbuh

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengapresiasi kehadiran masyarakat ke pameran multiproduk yang bertempat di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran tersebut.

Harga Jual Emas Antam Naik Lagi, Siap Tarik Cuan?

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

IHSG Rawan Profit Taking, Tapi Saham Ini Bisa Jadi Ladang Cuan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi rawan profit taking atau pullback pada perdagangan hari ini, Selasa 2 Juli 2024.

DPR Was-was Keputusan Tahan Harga BBM Subsidi Bikin APBN Boncos

Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto menyoroti keputusan pemerintah yang kembali menahan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi, seperti Pertalite dan Solar subsidi pada Juli 2024.

Harga Emas di Pegadaian Kompak Turun Tipis Hari Ini, Cek Rinciannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Harga emas batangan yang dijual di PT Pegadaian (Persero), yakni emas batangan jenis Antam kompak tidak mengalami perubahan pada perdagangan awal...
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS