Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizTenang, Pengguna Masih Bisa Jualan di TikTok Pakai Cara Ini

Tenang, Pengguna Masih Bisa Jualan di TikTok Pakai Cara Ini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – TikTok akan menutup layanan transaksi jual beli di aplikasinya mulai hari ini, Rabu 4 Oktober 2033, pukul 17.00 WIB sore nanti.

Kendati demikian, para pengguna TikTok Shop masih bisa memanfaatkan di platform media sosial asal China itu untuk berjualan. Hal itu sebagaimana disampaikan TikTok dalam situs resminya.

Namun perlu dicermati, para pengguna hanya bisa menggunakan TikTok sebagai tempat untuk membagikan konten jualannya. Pasalnya, sistem transaksi perdagangan dalam TikTok yang dikenal dengan keranjang kuning tidak mulai sore nanti tidak akan tersedia lagi.

“Penjual dapat terus membuat dan berbagi konten untuk mempromosikan produknya. Namun, fitur transaksi e-Commerce tidak akan tersedia,” bunyi TikTok sebagaimana dikutip Holopis.com, Rabu (4/10).

Dengan kata lain, media sosial TikTok kini hanya bisa dimanfaatkan para pelaku usaha sebagai media promosi barang jualannya saja.

Hal tersebut senada dengan aturan yang dibuat pemerintah, dimana pemerintah melarang media sosial yang beroperasi di Indonesia untuk merangkap sebagai e-commerce (social commerce).

Menteri Perdagangan (Mendag) Zilkifli Hasan atau yang akrab disapa Zulhas menjelaskam, bahwa praktik social commerse tersebut berpotensi menimbulkan monopoli pasar.

“Kalau promosi iklan silakan, yang enggak boleh transaksi jualan enggak bisa, dagang buka toko gak boleh,” ujar Zulhas.

Adapun pemerintah sendiri telah mengeluarkan aturan yang salah satunya mengatur terkait social commerce. Aturan itu yakni Permendag Nomor 31 Tahun 2023,.yang merupakan revisi Permendag Nomor 50 Tahun 2020 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Bahlil Kasih Sinyal Pemerintah Batal Batasi Pembelian BBM Subsidi Mulai 1 Oktober 2024

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia memberikan sinyal kuat, bahwa aturan pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi batal diberlakukan mulai 1 Oktober 2024.

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.