BerandaNewsEkobizSri Mulyani Girang Ekonomi RI Tumbuh 5% Selama 7 Kuartal Beruntun

Sri Mulyani Girang Ekonomi RI Tumbuh 5% Selama 7 Kuartal Beruntun

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ekonomi Indonesia yang terus mencatatkan pertumbuhan di atas 5% selama 7 (tujuh) kuartal berturut-turut membuat Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati kegirangan.

Pasalnya, pertumbuhan ekonomi ini terjadi pada Indonesia di tengah dinamika global, dimana banyak negara maju maupun berkembang yang justru mengalami pelemahan ekonomi.

“Jadi tujuh kuartal berturut-turut saat dunia melemah signifikan, semua negara maju dan berkembangan mengalami revisi pertumbuhan ke bawah,” tutur Sri Mulyani dalam rapat koordinasi nasional Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) di Jakarta, Selasa (3/10) yang dikutip Holopis.com.

Menurut Sri Mulyani, capaian itu tidak terlepas dari peran pemerintah daerah (pemda) yang telah menerapkan digitalisasi dalam setiap transaksi, baik dari sisi penerimaan maupun belanja daerah.

Penerbit Iklan Google Adsense

Bendahara negara itu menuturkan, percepatan digitalisasi siatem keuangan daerah semakin terasa setelah digalakannya Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) oleh Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (Satgas P2DD).

Mekanisme transaksi digital di daerah itu menurut Sri Mulyani, merupakan implikasi diterapkannya Undang-undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah (UU HKPD) yang juga menyinkronkan kebijakan belanja dan pendapatan antara pemerintah pusat dan daerah.

“Dan itu tujuan salah satunya adalah harmonisasi kan belanja pusat dan daerah dan meningkatkan sinergi kebijakan fiskal pusat dan daerah,” tegasnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.

Jokowi Sebut Harga Pangan di Sulsel Lebih Murah dari Jawa, Kok Bisa?

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, bahwa harga sejumlah komoditas pangan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam keadaan sangat baik. 

IHSG Gacor Jelang Akhir Pekan, Didorong Saham-saham Teknologi

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7).

Kemenkeu Masih Bahas Rencana Pajaki Barang Impor China 200%

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengaku tidak mau terburu-buru untuk menerapkan tarif pajak atau bea masuk impor barang dari China hingga 200 persen.

IHSG Jelang Akhir Pekan, Bakal Kembali Menguat?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi rawan profit taking pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7), setelah ditutup menguat pada Kamis (4/7) kemarin.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS