Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Bye Cuaca Panas, BMKG Sebut RI Bakal Masuk Musim Hujan Sebentar Lagi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan kabar baik terkait potensi turun hujan yang akan terjadi di Indonesia dalam waktu dekat, seiring dengan berakhirnya musim kemarau kering.

Seperti diketahui, Indonesia saat ini tengah mengalami musim kemarau. Namun kemarau di tahun ini, lebih panas dan kering bila dibanding dengan musim kemarau biasanya. Hal ini tak lepas dari dampak fenomena El-Nino yang

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan, pihaknya memprediksi hujan bakal mulai turun sekitar bulan November depan, meskipun level El Nino saat ini masih berada di level moderat.

“Sesuai prediksi BMKG, puncak dampak El Nino terjadi pada bulan September. Level El Nino moderat akan terus bertahan dan berakhir pada bulan Februari-Maret 2024,” katanya dalam keterangan resmi yang dikutip Holopis.com, Rabu (4/10).

“Awal musim hujan sendiri berkaitan erat dengan peralihan Monsun Australia menjadi Monsun Asia. Saat ini, Monsun Asia sudah mulai memasuki wilayah Indonesia sehingga diprediksi bulan November akan mulai turun hujan,” jelas Dwikorita.

Hanya saja, lanjutnya, awal musim hujan tidak terjadi secara serentak di seluruh wilayah Indonesia, karena tingginya keragaman iklim di Tanah Air.

“Ada beberapa wilayah yang masuk musim penghujan sebelum November dan ada yang mundur, tapi sebagian besar pada bulan November,” terangnya.

Adapun untuk puncak musim hujan di Indonesia diprediksi BMKG bakal terjadi pada bulan Januari-Februari 2024 mendatang.

Dalam kesempatan tersebut, Dwikorita pun mewanti-wanti masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang dapat memicu terjadinya kebakaran lantaran kemarau kering masih belum berakhir.

“Masyarakat dimohon selama bulan Oktober ini kondisinya masih kering, maka tidak dibakar pun bisa terbakar. Jadi jangan mencoba-coba untuk dengan sengaja atau tidak sengaja untuk mengakibatkan nyala api karena pemadamannya akan sulit untuk dilakukan,” pungkasnya

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Lokasi SIM Keliling Hari Jumat 20 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 20 September 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

KAI dan Korlantas Polri Gencar Sosialisasikan Keselamatan Kepada Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja...

Jokowi Resmikan Jalan Tol Jogja Solo Segmen Kartasura-Klaten

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru