BerandaNewsRagamTegas! Bos LPS Bakal Kejar Pelaku Fraud Sampai Hidupnya Susah

Tegas! Bos LPS Bakal Kejar Pelaku Fraud Sampai Hidupnya Susah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) berkomitmen untuk menindak tegas para pelaku yang menimbulkan kebangkrutan bank. Komitmen itu disampaikan LPS di tengah kasus Bank Perekonomian Karya Remaja Indramayu (BPR KRI) yang telah dilikuidasi akibat fraud.

Ketua Dewan Komisioner (DK) LPS, Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan, bahwa hal tersebut dilakukan pihaknya untuk memberikan efek jera kepada para pelaku. Selain itu, penindakan tegas juga untuk memastikan para pelaku dalam menghadapi konsekuensi hukum yang tegas.

“Saya sudah banyak hire lawyer baru di LPS untuk bisa mengejar mereka sampe mereka hidupnya susah,” ujarnya dalam konferensi pers, Jumat (29/9) yang dikutip Holopis.com.

Sebagai informasi Sobat Holopis, pengawasan perbankan merupakan tanggung jawab Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Namun, LPS juga berhak untuk melakukan investigasi terhadap indikasi tindak pidana yang terjadi di perbankan.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Kita ada mekanisme koordinasi terhadap penanganan tindak pidana perbankan tersebut antara LPS dan OJK itu dituangkan dalam MoU atau kesepakatan kerjasama antara OJK dan LPS,” kata Anggota DK LPS Didik Madiyono dalam kesempatan yang sama.

Adapun sejak tahun 2005 sampai saat ini, tercatat sudah ada setidaknya 120 bank yang kehilangan izin usahanya. Jumlah tersebut terdiri dari 119 BPR/BPRS dan satu bank umum.

Menurut Didik, sebagian besar masalah BPR bukan karena adanya masalah ekonomi, namun justru karena integritas pemilik ataupun pemegang saham atau pengurus saham yang tidak disiplin, sehingga terjadi fraud.

Pun untuk akibat dari penutupan 120 bank tersebut, total simpanan yang terkena dampak mencapai 2,26 triliun dan jumlah rekening yang terpengaruh adalah sebanyak 313.814 rekening.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Tips Pakai Eyeshadow Anti ‘Creasing’ Di Kelopak Mata

Pilihan warna eyeshadow yang menarik bisa membuat penampilan semakin cantik dan menaikkan rasa percaya diri. Eyeshadow yang terlihat rapi dan tahan lama pastinya menjadi dambaan setiap penggemar makeup.

Prabowo Subianto Prihatin dengan Penembakan Donald Trump, Kecam Keras Kekerasan dalam Demokrasi

Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto turut mengucapkan rasa prihatinnya atas kabar percobaan pembunuhan terhadap Mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Munas FOZ Jadi Komitmen Indonesia Kurangi Ketimpangan Sosial Lewat Zakat

Ketua Umum Forum Zakat Bambang Suherman mengatakan bahwa Forum Zakat adalah sebuah wadah para pelaku amil zakat untuk bisa berkolaborasi menampung dan menyalurkan zakat yang diamanahkan umat kepada para mustahik.

Manfaat Buah Belimbing, Bisa Jadi Rahasia Diet Para Ciwi-ciwi Loh…

Meskipun jarang dinikmati dibandingkan buah lainnya, namun Sobat Holopis jangan sampai menyepelekan manfaat buah belimbing yang luar biasa.

Jaga Kesehatan, Ini 4 Bahaya Terlalu Sering Lembur

- Saat pekerjaan menumpuk tau sedang mengejar banyak bayaran bonus demi mendapatkan barang impian, terlalu sering bekerja lembur tanpa memikirkan Waktu untuk beristirahat akan memberikan dampak yang sangat buruk bagi Kesehatan.

Cuaca Jakarta Selasa 16 Juli 2024 Bakal Cerah Sepanjang Hari

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jakarta pada hari ini, Senin 15 Juli 2024.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Munas 10 Forum Zakat

HOLOPIS FEEDS