HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Kontrasepsi Sedunia menjadi hari khusus yang telah ditetapkan setiap 26 September untuk mengingatkan kesadaran masyarakat mengenai penggunaan kontrasepsi untuk kesehatan reproduksi.

Peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia atau World Contraception Day (WCD) ini juga akan menekan angka kelahiran dan untuk membantu keputusan yang bijak mengenai kehamilan.

Sejarah Hari Kontrasepsi Sedunia ini sendiri diketahui berawal ketika belasan organisasi dari beberapa negara di dunia yang masuk ke dalam Organisasi Keluarga Berencana Internasional.

Peringatan ini diadakan pertama kali diperingati pada tanggal 26 September 2007. Organisasi ini memiliki tujuan yang sama, yakni untuk meningkatkan kesadaran tentang kontrasepsi dan membuat keputusan sebelum memulai sebuah keluarga.

Kampanye tahunan di seluruh dunia berpusat pada visi di mana setiap kehamilan diinginkan. Hari Kontrasepsi Sedunia ditetapkan untuk memusatkan perhatian pada hak semua pasangan dan individu untuk memutuskan secara bebas dan bertanggung jawab mengenai jumlah dan jarak kelahiran anak mereka.

Pada tahun 2023 ini, tema Hari Kontrasepsi Sedunia 2023 adalah ‘Kekuatan Pilihan’ yang menyoroti peran penting pilihan kontrasepsi dalam memungkinkan masyarakat mengambil kendali atas kesehatan reproduksi mereka.

Tema ini tidak hanya mencakup kontrasepsi karena hal ini juga mendorong otonomi, memungkinkan pengambilan keputusan yang cerdas, dan memajukan upaya internasional dalam kesehatan reproduksi dan keluarga berencana.