Categories: Internasional

Demi Bertahan Hidup, Warga Ukraina Tetap Ngantor dalam Ketakutan Serangan Rusia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Perang Rusia vs Ukraina saat ini sudah berjalan hampir 2 tahun. Keputusan Presiden Rusia, Vladimir Putin untuk melakukan operasi militer total di Ukraina pada Februari 2022 lalu membuat banyak pihak terkejut.

Meski demikian, warga Ukraina yang langsung mengalami serangan di Rusia di lokasi ternyata sudah tidak punya pilihan lain untuk tetap menjalani hidup. Bahkan, sebagian dari mereka sudah tidak sanggup kali untuk menyelamatkan diri ke pengungsian.

Dalam acara diskusi publik Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), jurnalis korsesponden Eropa dari Al Jazeera, Stephanie Vaessen, mengatakan bahwa masyarakat di Ukraina bahkan sampai merasa terlalu lelah untuk pergi ke pengungsian.

Apalagi, perputaran ekonomi terus berlangsung sehingga mereka masih harus bekerja.

People are so tired, they don’t even go to the shelters anymore, because how can you function, how can you live if you’re in the shelter the whole day (Orang-orang lelah, mereka bahkan tidak ke pengungsian lagi, karena bagaimana mau berkegiatan, dan bagaimana bisa hidup jika ada di pengungsian seharian),” kata Stephanie, dikutip tim Holopis.com di Bengkel Diplomasi FPCI, Mayapada Tower, Jakarta Selatan, Senin (25/9).

Stephanie yang menjadi saksi langsung kehidupan masyarakat di sana selama perang mengatakan bahwa orang-orang masih harus pergi ke kantor. Karena itulah mereka harus bisa istirahat, meskipun dikelilingi situasi yang tidak ideal.

People are working, the economy is working, people go to their offices, so they have to get some sleep, and that’s of course a serious challenge if you’re being under attack all the time (Orang-orang bekerja, ekonomi terus berjalan, orang-orang pergi ke kantor, jadi mereka harus istirahat, dan ini adalah tantangan serius jika sambil selalu diserang),” lanjut Stephanie.

Meski demikian, Stephanie mengakui keberanian masyarakat Ukraina hingga saat ini. Meskipun terus dibombardir Rusia, mereka tidak pantang menyerah dan menolak kalah dengan keadaan.

Sebagai informasi, perang Rusia – Ukraina dimulai pada tanggal 24 Februari 2022. Perang itu dinilai sebagai serangan terbesar di negara Eropa sejak Perang Dunia II.

Darin Brenda Iskarina

Share
Published by
Darin Brenda Iskarina
Tags: RusiaUkraina

Recent Posts

Tahun Baru Islam Harus Jadi Ajang Kontemplasi Nasionalisme

Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia, Prof Mahfud MD, mengatakan bahwa tahun baru…

14 menit ago

Dwi Rio Sambodo Minta Tinjau Ulang Penonaktifan NIK di Jakarta

DPRD DKI Jakarta meminta kaji ulang terhadap teknis penonaktifan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Sebab, pihak…

29 menit ago

Pengamat Imbau Penambahan Angkutan Umum Libatkan Bappenas dan Kemendagri

Djoko Setijowarno meminta kepada pemerintah dalam melakukan pembenahan angkutan umum tidak berhenti sampai tingkat Kementerian…

44 menit ago

Bamsoet Anggap Tempo Tak Profesional Angkat Berita S2-nya

Bambang Soesatyo (Bamsoet), meminta semua jurnalis melakukan kegiatan profesinya secara profesional dan patuh pada kode…

1 jam ago

Tok! Gugatan Praperadilan Pegi Setiawan Dikabulkan Hakim, Polda Jabar Kalah Telak

Hakim tunggal PN Bandung, Eman Sulaeman mengabulkan gugatan praperadilan Pegi Setiawan atas status tersangka yang…

2 jam ago

Putusan Praperadilan Pegi Setiawan Dibacakan Hari Ini

Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Bandung dijadwalkan membacakan putusan praperadilan yang diajukannya, menentukan nasib Pegi…

2 jam ago