HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir mengatakan, bahwa pembangunan national traning center yang dilakukan di IKN Nusantara, Kalimantan Timur sampai membuat FIFA menggelontorkan dana tidak sedikit.

“FIFA pada fase pertama akan membantu
pendanaan senilai Rp85,6 Miliar,” kata Erick di Kaltim seperti dikutip Holopis.com, Jumat (22/9).

Nilai tersebut menurut Erick sangat fantastis. Bahkan FIFA belum pernah mengeluarkan gocek sebesar itu kepada negara untuk berinvestasi.

“Ini kali pertama FIFA memberikan dana hibah sebesar ini ke sebuah negara,” ujarnya.

Diterangkan Erick, proses pembangujan pusat pelatihan nasional untuk sepakbola Indonesia akan digarap lebih cepat. Jika sebelumnya ditargetkan 8 (delapan) bulan rampung, maka saat ini targetnya adalah 6 (enam) bulan saja.

Sementara itu, pembangunan pusat latihan Timnas Indonesia akan dilakukan dalam dua fase. Pada fase pertama, akan disiapkan dua fasilitas lapangan sekaligus sarana penginapan bagi para atlet serta ruang ganti dan fasilitas penunjang lainnya.

Sementara untuk fase kedua, akan dibangun delapan lapangan yang terdiri dari lima lapangan besar, satu lapangan futsal, satu lapangan latihan tertutup, dan juga lapangan bits football, serta fasilitas pendukung lainnya.

Bagi Erick, pembangunan national training center membuktikan bahwa FIFA sangat percaya terhadap Indonesia, khususnya di dalam pembangunan IKN Nusantara.

“Ini adalah simbol bahwa dunia Internasional, khususnya FIFA, percaya bahwa pembangunan Ibu Kota Negara, benar-benar nyata,” tutup Erick.