Sabtu, 22 Juni 2024
BerandaNewsRagamHujan Bantu Padamkan Karhutla di Kalimantan Barat

Hujan Bantu Padamkan Karhutla di Kalimantan Barat

HOLOPIS.COM, PONTIANAK – Hujan yang turun beberapa hari terakhir diyakini telah membantu penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

Kepala BNPB, Letjen Suharyanto mengatakan, dengan cuaca hujan seperti itu membuat kondisi kualitas udara Kota Pontianak dan sekitarnya pun terpantau baik beberapa hari terakhir.

“Kalbar alhamdullilah, tiga hari ini hujan terus dan membantu penanganan bencana karhutla,” kata Suharyanto dalam keterangannya usai meninjau kondisi kebakaran lahan di Kalimantan Barat seperti dikutip Holopis.com, Kamis (21/9).

Namun demikian, Suharyanto mengingatkan Pemerintah Provinsi Kalbar dan unsur terkait lain untuk mewaspadai kondisi cuaca dalam beberapa hari ke depan. Mengingat dari prakiraan BMKG bahwa beberapa hari ke depan provinsi tersebut akan kembali mengalami cuaca panas.

Penerbit Iklan Google Adsense

Suharyanto menekankan apabila tidak ada potensi hujan, teknologi modifikasi cuaca (TMC) dapat dilakukan jika memang dibutuhkan untuk penanganan karhutla. Ia menambahkan, jangan sampai bencana asap akibat karhutla terjadi seperti pada 2015 dan 2019.

“Jangan sampai kita mengirim asap ke negara tetangga,” imbuhnya.

Suharyanto mengatakan, sebelumnya kejadian karhutla di wilayah Indonesia berkurang karena pengaruh musim yang cenderung basah dan adanya pandemi Covid-19. Namun kali ini, fenomena El Nino dapat memberikan dampak musim yang lebih kering dan memicu karhutla.

Di hadapan peserta rakor, meskipun tidak tercatat adanya hot spot di wilayah Kalbar, Kepala BNPB meminta Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Karhutla dari berbagai unsur seperti pemerintah daerah, TNI dan Polri untuk memastikan api yang sudah padam benar-benar padam.

“Takutnya kalau kering lagi, nanti dapat kembali terbakar,” ujarnya.

Temukan kami juga di Google News
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono
BERITA LAINNYA

Ratusan Warga di Polewali Mandar Terdampak Bencana Longsor

Bencana longsor melanda pemukiman warga di wilayah Kecamatan Tu'ubi Taramanu, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat

Sejumlah Daerah di Gorontalo Kompak Direndam Banjir

Bencana banjir melanda sejumlah pemukiman warga yang tersebar di sejumlah wilayah di Provinsi Gorontalo.

Dua Orang di Deli Serdang Meninggal Diterjang Angin Puting Beliung

Bencana angin puting beliung melanda pemukiman warga yang tersebar di lima Kecamatan wilayah Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Berburu Makanan Peranakan di Food Court Mal Ciputra Jakarta

Mal Ciputra Jakarta bersama Jangkrik Kuliner, kembali menggelar Food Destination dengan tema Peranakan Food Festival. Acara ini merupakan tema ketiga yang dihadirkan, sebelumnya ada Little China dan Kuliner Nusantara.

Cuaca Jabodetabek Hari Ini Full Cerah, Cek Selengkapnya

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan cuaca Jabodetabek pada hari ini, Sabtu 22 Juni 2024.

Ini Kumpulan Twibbon HUT Kota Jakarta ke-497

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jakarta diperingati pada 22 Juni di setiap tahunnya. Sobat Holopis pun bisa ikut serta memeriahkan HUT...

HOLOPIS FEEDS