HOLOPIS.COM, JAKARTA – Timnas U-17 Indonesia batal tampil di Jakarta International Stadium (JIS) pada Piala Dunia U-17 2023. Simak alasannya di artikel ini.

Sebelum itu, perlu diketahui bahwa belum lama ini FIFA resmi merilis jadwal pertandingan Piala Dunia U-17 2023.

Timnas U-17 Indonesia sendiri yang tergabung di Grup A bersama Panama, Ekuador dan Maroko, seluruhnya akan bermain di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), dimana laga perdananya akan digelar pada Jumat (10/11) mendatang.

Venue yang digunakan Timnas U-17 Indonesia pun bertolak belakang dengan pernyataan PSSI sebelumnya, yang mengungkapkan bahwa JIS akan jadi tempat bermain skuad Garuda Muda.

Terkait hal ini, Erick Thohir lantas menjelaskan bahwa hal tersebut sudah kewenangan dari FIFA itu sendiri.

“Kita itu ada target dari FIFA kurang lebih 10 ribu sampai 18 ribu penonton untuk setiap pertandingannya. Dan itu lah kenapa sejak awal FIFA bersama PSSI mendiskusikan pembagian tentu hasil daripada undian, karena kan kalau undian kita tidak bisa mengatur,” ungkap Erick, sebagaimana informasi yang dikutip Holopis.com, Kamis (21/9).

“Tentu daya dongkrak daripada penonton yang ada di timnas itu menjadi penting juga untuk pemerataan daripada penjualan ticketing,” tambahnya.

Dengan begitu, target jumlah penonton tersebut lah yang kemudian membuat FIFA membatalkan Timnas U-17 Indonesia tampil di Stadion JIS.

Mengingat, pada hasil drawing dan pemetaan jadwal sebelumnya, beberapa tim besar akan tampil di Stadion JIS.

Sebagai informasi, Stadion JIS akan diisi oleh Grup C yang dihuni oleh Brasil, Iran, Kaledonia Baru dan Inggris. Kemudian ada juga beberapa tim lainnya seperti melibatkan Prancis, Argentina sampai Korea Selatan.