Sabtu, 22 Juni 2024
BerandaOtoteknoOtomotifRangka eSAF Honda Diteliti Kemenhub dan KNKT, Hasilnya ...

Rangka eSAF Honda Diteliti Kemenhub dan KNKT, Hasilnya …

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Setelah viral rangka eSAF (enhanced smart architecture frame) yang dianggap mudah patah, pihak Kemenhub (Kementerian Perhubungan) bersama KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) lakukan penelitian yang rangka dilakukan mulai dari Agustus hingga September 2023.

“Hasil Penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti telah ditindaklanjuti. Kemenhub bersama KNKT akan mengawal dan mengawasi proses pemeriksaan dan penanganan rangka eSAF ini,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno dalam keterangan resminya, Jumat (15/9) seperti dikutip Holopis.com.

Dalam hasil penelitian itu, diungkapkan dalam proses produksi rangka eSAF, PT Astra Honda Motor (AHM) telah menggunakan bahan baku berupa high strength steel (HSS) yang kemudian dilapisi dengan metode cathodic electro deposition (CED) secara dipping.

Pengawasan terhadap kualitas produk dilakukan sejak tahap incoming material, press, welding, hingga pelapisan. Semua aspek kontrol, seperti dimensi dan ketebalan hasil pelapisan, telah memenuhi standar manufaktur global.

Penerbit Iklan Google Adsense

Hasil dari perhitungan menggunakan metode finite element dan pengujian di fasilitas milik AHM menunjukkan bahwa struktur rangka eSAF terbukti kuat dan tidak memiliki daerah kritis atau kelemahan struktural yang signifikan ketika terkena tegangan tinggi. Tegangan yang terjadi masih berada jauh di bawah batas elastis material rangka.

Selain itu, Ditjen Hubdat dan KNKT juga telah melakukan penelitian terhadap rangka eSAF pada sepeda motor yang dimiliki oleh konsumen. Hasil pemeriksaan menunjukkan adanya tanda-tanda karat pada bagian dalam rangka yang tidak dilapisi coating, serta terdapat lubang pembuangan bawah yang berpotensi tersumbat oleh kotoran, yang dapat menyebabkan kelembaban di sekitar rangka dan potensi korosi.

Berdasarkan temuan dari penelitian ini, AHM saat ini sedang melakukan upaya optimalisasi dalam melindungi rangka dari korosi dengan pendekatan menyeluruh. Selain itu, AHM juga telah menyediakan layanan pemeriksaan dan perawatan melalui bengkel AHASS terdekat.

Mengingat tingkat korosi yang tinggi di Indonesia, sebagaimana yang terindikasi oleh peta korosi dunia sesuai dengan ISO 9223 yang mengklasifikasikan tingkat korosi baja karbon berdasarkan kondisi atmosfer lingkungan, diperlukan regulasi lebih lanjut untuk menjaga ketahanan korosi pada kendaraan bermotor roda dua atau lebih.

Mengacu pada situasi tersebut, Ditjen Hubdat bersama KNKT juga menganggap penting untuk meningkatkan pemahaman dan edukasi terkait perawatan dan pemeliharaan kendaraan bermotor roda dua atau lebih guna menjaga kondisi kendaraan agar tetap aman dan berfungsi dengan baik.

Temukan kami juga di Google News
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono
BERITA LAINNYA

Yamaha Nmax Generasi Terbaru Punya Sensasi Rasa Turbo

Yamaha meluncurkan motor Nmax Turbo, yang jadi generasi terbaru dari model yang sebelumnya. All New Yamaha Nmax Turbo, punya perubahan tampilan hingga teknologi.

Mobil Listrik Paling Laris Bulan Mei 2024 Terjual 755 Unit

Mobil listrik mulai banyak yang merambah di Indonesia, ada banyak produsen yang berlomba memasarkan produknya. Chery Omoda E5, jadi mobil paling laris selama bulan Mei 2024.

IIMS Surabaya 2024 Sukses dengan Catatan Transaksi Rp 247 Miliar

HOLOPIS.COM, JAKARTA - IIMS Surabaya 2024 (Indonesia International Motor Show) yang berlangsung pada 29 Mei hingga 2 Juni 2024 di Grand City Convex, Surabaya,...

Rawat Aki Motor Biar Tetap Ngacir, Begini Tipsnya

Aki Motor jadi bagian penting pada kelistrikan kendaraan bermotor yang harus dirawat, sehingga bisa menghidupkan kendaraan melalui starter.

Begini Tampang Motor Gaya Retro Kawasaki W175 Series yang Baru Diluncurkan PT KMI

PT KMI (Kawasaki Motor Indonesia) menghadirkan, model terbaru untuk motor klasik Kawasaki W175 series.

All New Honda BeAT Hadir Dengan Fitur Terkini, Segini Harganya

PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan All New Honda BeAT 2024, dengan model yang lebih segar dan penambahan fitur terkini.

HOLOPIS FEEDS