Uji Coba Kereta Cepat untuk Masyarakat Umum Dimulai Hari Ini

Kereta cepat
Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung. [Foto : Dok. KCIC]

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencoba Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KCJB), masyarakat umum juga akan diberikan kesempatan mencobanya.

Menurut keterangan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, uji coba bagi masyarakat umum akan dimulai pada hari ini Jumat 15-30 September 2023.

“Ya ini, besok (hari ini Jumat 15 September) sudah mulai (uji coba KCJB),” katanya dalam keterangannya, Kamis (13/9) seperti dikutip Holopis.com.

Kereta cepat ini, baru secara resmi melayani penumpang pada 1 Oktober 2023. Dengan tahap awal, hanya 8 perjalanan kereta di bulan Oktober.

Nantinya, secara bertahap perjalanan kereta api cepat akan terus ditambah. Pada bulan November menjadi 28 perjalan, lalu di Desember ada 40 perjalanan dan terakhir di Januari 2024 totalnya 68 perjalanan.

KCJB ini memiliki kecepatan hingga 350 km/jam, sehingga jarak tempuh Stasiun Halim ke Padalarang adalah 32 menit dan dari Stasiun Tegalluar kembali menuju Halim 44 menit.

Jalur kereta cepat ini sepanjang 142,3 km, dengan 13 terowongan dan akan melayani empat Stasiun yaitu Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar.

Untuk meningkatkan konektivitas, KCJB akan terkoneksi dengan LRT Jabodebek, KA Feeder, Commuter Line Bandung Raya, Bus Rapid Transit, Shuttle, dan Taksi.

Exit mobile version