Senin, 30 September 2024
Senin, 30 September 2024
NewsEkobizAwas! Jokowi Peringatkan Ancaman Krisis Energi-Pangan di Depan Mata

Awas! Jokowi Peringatkan Ancaman Krisis Energi-Pangan di Depan Mata

HOLOPIS.COM, BOGOR – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan banyak ancaman krisis yang menghantui negara-negara di dunia, termasuk Indonesia. Ancaman krisis itu mulai dari krisis ekonomi, krisis energi hingga krisis pangan.

Dia pun mencontohkan, ancaman krisis pangan telah berada di depan mata karena kebutuhan pangan yang selalu meningkat, seiring dengan pertumbuhan penduduk dunia yang terus bertambah.

“Kebutuhan pangan tentu saja akan naik, seperti di Indonesia kenaikan per tahun 1,25 persen penduduk kita,” kata Jokowi dalam pidatonya di Sidang Terbuka Dies Natalis ke 60 Institute Pertanian Bogor (IPB) yang dikutip Holopis.com, Jumat (15/9).

Tak hanya karena pertambahan penduduk, fenomena perubahan iklim seperti kemarau berkepanjangan juga membuat produksi pangan semakin berkurang.

Kendati demikian, Orang nomor satu di Indonesia itu meminta agar ancaman krisis pangan tersebut tidak perlu ditanggapi dengan kekhawatiran, melainkan harus dihadapi dengan mencari solusi terbaik.

“Orang sudah mulai bingung karena ada super El Nino kenaikan suhu kenaikan air laut, kalau kita pikirkan secara ini ya khawatir. Saya kira tidak perlu khawatir yang penting solusinya seperti apa,” tutur Jokowi.

Dia berpesan, agar permasalahan terkait pangan tersebut bisa menjadi pemantik inovasi yang besar, sehingga diharapkan Indonesia tidak hanya bisa mengatasi permsalahan pangan, tetapi juga memiliki peluang untuk menjadi lumbung pangan global.

“Ada kesulitan ada krisis tapi itu juga bisa menjadi peluang, jadi kesempatan. Sehingga nanti justru meningkatkan kesejahteraan petani kita, nelayan kita, karena ada kesulitan tadi yang saya sampaikan,” tukas Jokowi.

Google News

Temukan kamu di Google News dan jangan lupa klik ikon bintang untuk mengetahui semua berita terbaru dari kami.

WhatsApp Channel

Follow WhatsApp Channel Holopis.com untuk mendapatkan 10 berita terbaru setiap hari dari tim Redaksi.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
HOLOPIS

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Pemerintah Kaji Penerapan Pita Cukai Digital

Pemerintah melalui Ditjen Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tengah mengkaji terkait rencana penerapan pita cukai digital sebagai pengganti pita cukai konvensional.

Harga Beras RI Disebut Paling Mahal se-ASEAN, Bapanas Minta Masyarakat Tak Terprovokasi

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi meminta masyarakat tidak terprovokasi soal harga beras Indonesia yang disebut menjadi paling mahal dibandingkan dengan negara-negara di kawasan ASEAN.

Bapanas Anggap Isu Harga Beras Paling Mahal Se-ASEAN Cuma Jebakan

Harga beras di Indonesia disebut paling mahal di ASEAN. Pasalnya, perbedaan harga beras di Indonesia dengan negara ASEAN lainnya mencapai 20 persen.

Duh! Ini Deretan Saham Emiten Big Caps yang Banyak Dilego Asing

Sejumlah saham emiten big caps terpantau dilego oleh investor asing selama sepekan terakhir perdagangan, di mana saat itu Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami koreksi tipis.