Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Hari Purwanto Tantang KPK Segera Buktikan Keterlibatan Cak Imin

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktur Eksekutif Studi Demokrasi Rakyat, Hari Purwanto meyakini bahwa pemanggilan Muhaimin Iskandar sebagai saksi di kasus korupsi proteksi TKI Kemenakertrans adalah murni penegakan hukum.

Hari Purwanto pun menjelaskan, hal itu terbukti dari surat pemanggilan terhadap Muhaimin Iskandar yang disampaikan jauh sebelum deklarasi cawapres Anies Baswedan.

“Ini justru bisa diartikan, KPK sudah melayangkan surat panggilan sebelum deklarasi. Bahkan mungkin sebelum Cak Imin jumpa petinggi Nasdem untuk membahas koalisi,” kata Hari dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (11/9).

Hari kemudian mendorong KPK bekerja cepat untuk membuktikan apabila Muhaimin terbukti melakukan korupsi melalui proses penyidikan yang sedang berjalan saat ini.

“Penegak hukum justru harus bekerja cepat untuk membongkar kedok para Capres/Cawapres agar rakyat tidak terlanjur memilih musang berbulu domba. Justru penegak hukum harus dan wajib segera memprosesnya, agar terjadi demokrasi sehat dan rakyat tidak salah pilih,” terangnya.

Tudingan mengenai pemeriksaan Muhaimin ini kemudian sarat dengan politis justru dianggap tidak sesuai dengan fakta hukum yang dimiliki KPK.

“Secara fakta hukum, memang kasusnya ada dan perlu dikembangkan dengan memanggil yang bersangkutan,” ujarnya.

Lucunya lagi, lanjut Hari. mereka yang mengatakan KPK berpolitik karena memeriksa Cak Imin adalah pihak serupa yang mengatakan Jaksa Agung berpolitik karena menerbitkan Perja untuk menunda sementara pemeriksaan terhadap peserta pemilu, baik Caleg maupun Capres/Cawapres.

“Lantas standar hukum apa yang mereka pakai? Aparat penegak hukum berpolitik jika memeriksa atau tidak memeriksa peserta pemilu? Mungkin juga mereka akan menuding APH berpolitik sepanjang yang diperiksa adalah gerbong mereka,” tegasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tawuran di Bekasi Tewaskan Seorang Remaja

HOLOPIS.COM, BEKASI - Seorang remaja berinisial  WS tewas terkena...

KPK Dalami Penempatan Dana Taspen ke Sejumlah Sekuritas

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap penempatan...

Rugi Puluhan Juta Rupiah, Pengusaha Karawang Lapor Proyek Fiktif ke Polres

Ferry Dharmawan, seorang pengusaha asal Karawang, melaporkan dugaan penipuan dan penggelapan yang dilakukan oleh pria berinisial EA ke Polres Karawang. Dugaan tersebut terkait proyek fiktif yang menyebabkan kerugian materiil bagi Ferry, setelah ia menyerahkan uang puluhan juta rupiah.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru