Hiu Serang Kapal Ekspedisi di pantai Cairns Australia

Kru Russian Ocean Way
Kru Russian Ocean Way yang selamat dari serangan hiu [Foto: IG/russian.ocean.way]

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tiga orang telah berhasil diselamatkan dari kapal katamaran mereka yang rusak akibat serangan dari beberapa hiu di Laut Koral di lepas pantai Cairns, Australia.

Otoritas Keselamatan Maritim Australia (Amsa) mengoordinasikan penyelamatan pada Rabu (6/9) pagi sekitar 835 km di lepas pantai Cairns, setelah menerima sinyal bahaya.

Para kru yang sedang melakukan ekspedisi keliling dunia bernama Russian Ocean Way pun mengunggah dokumentasi mereka secara online dan menceritakan kisah mereka melalui akun Instagram @russian.ocean.way, seperti dikutip Holopis.com, Rabu (6/9).

“Kru ekspedisi pelayaran Russian Ocean Way yang terdiri dari Evgeny Kovalevsky, Stanislav Berezkin, dan Vincent Thomas Etienne diserang hiu di Samudra Pasifik, sekitar 835 kilometer dari tenggara Cairns,” tulis pernyataan mereka.

Pada hari Selasa (5/9) kru yang terdiri dari dua warga Rusia dan seorang warga negara Perancis mengirimkan sinyal SOS dengan menyalakan suar darurat.

“Serangan hiu kukukatter pertama terjadi pada tanggal 4 September, kemudian silinder kiri belakang kapal katamaran rusak,” ujar Russian Ocean Way.

Kemudian pada Selasa (5/9) kapal kembali diserang hiu sehingga balon sebelah kanan tertembus yang menyebabkan katamaran kehilangan keseimbangan dan mulai tenggelam, saat itulah kru kapal mengirimkan sinyal SOS.

Amsa merespons suar radio penunjuk posisi darurat yang terdaftar di Rusia pada pukul 01.30. Terdapat tiga orang yang ditemukan di atas kapal katamaran yang berangkat dari Vanuatu dan menuju Cairns.

Amsa meminta bantuan kapal kargo Dugong Ace dan menugaskan pesawat penyelamat yang berbasis di Cairns ke lokasi kejadian.

Setelah kapal tiba 45 menit setelah panggilan darurat dikirimkan, mereka memuat barang-barang pribadi mereka ke kapal penyelamat dan memutuskan untuk meninggalkan katamaran di laut.

Exit mobile version