BerandaNewsEkobizData Ekonomi RI Bikin Negara Lain Penasaran, Kenapa?

Data Ekonomi RI Bikin Negara Lain Penasaran, Kenapa?

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK), Mahendra Siregar menyampaikan, bahwa data ekonomi Indonesia yang ada dalam beberapa waktu terakhir, membuat negara lain penasaran.

Pasalnya dalam pertemuan Asean Business Conference yang berlangsung di Jakarta beberapa waktu lalu, negara-negara tamu memberikan pandangan positif terhadap kinerja perekonomian Indonesia.

Bahkan, kata Mahendra, para negara tamu menilai Indonesia mengalami anomali di tengah kondisi dunia yang mengalami gabungan antara resesi dan inflasi. Hal itu disampaikan Mahendra dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah, Selasa (5/9).

“Mereka ingin lihat langsung di tengah kondisi dunia yang mengalami gabungan resesi dan inflasi, tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia yang dikira akan terdampak ekonomi global, malah ternyata pada kuartal 2 sebesar 5,17 persen lebih tinggi dari kuartal pertama,” kata Mahendra dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com.

Penerbit Iklan Google Adsense

“Yang luar biasa lagi, di saat bersamaan inflasi bisa ada pada angka 3 persen. Ini too good to be true,” sambungnya.

Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS), angka inflasi pada Agustus 2023 seacara tahunan atau year on year (yoy) sebesar 3,27 persen. Namun secara bulanan, Indonesia sebenarnya mengalami deflasi sebesar -0,02 persen.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian mengatakan, bahwa tingginya inflasi secara tahunan itu disebabkan oleh adanya kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pada tahun lalu. Ssehingga base effect di tahun lalu cukup tinggi.

“Kalau dilihat dari year on year itu dikarenakan di tahun lalu ada kenaikan BBM sehingga base effect di tahun lalu memang tinggi. Namun dari data month to month Juli ke Agustus 2023 sebetulnya menurun atau deflasi,” kata Tito Karnavian.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Syam Basrijal Ingatkan Orang Dalam Jadi Ancaman Serius Keamanan Siber

Pengamat dan praktisi keamanan data, Syam Basrijal mengatakan, semakin canggihnya penjahat siber mendorong organisasi untuk mencurahkan lebih banyak perhatian untuk melindungi sistem organisasi mereka dari serangan.

Lagi Cari Kerja? Fresh Graduate Wajib Lakukan 7 Langkah Ini

Mencari pekerjaan bagi Sobat yang menyandang status sebagai fresh graduate menjadi proses yang penuh rintangan. Persaingan yang ketat dan minimnya pengalaman kerja terkadang menjadi batu sandungan untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal.

Jokowi Sebut Harga Pangan di Sulsel Lebih Murah dari Jawa, Kok Bisa?

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, bahwa harga sejumlah komoditas pangan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam keadaan sangat baik. 

IHSG Gacor Jelang Akhir Pekan, Didorong Saham-saham Teknologi

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7).

Kemenkeu Masih Bahas Rencana Pajaki Barang Impor China 200%

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengaku tidak mau terburu-buru untuk menerapkan tarif pajak atau bea masuk impor barang dari China hingga 200 persen.

IHSG Jelang Akhir Pekan, Bakal Kembali Menguat?

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi rawan profit taking pada perdagangan jelang akhir pekan ini, Jumat (5/7), setelah ditutup menguat pada Kamis (4/7) kemarin.
Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024 - 2029
Sudaryono

HOLOPIS FEEDS