Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Buka KTT ASEAN, Jokowi Singgung soal Kapal ASEAN Pecah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah resmi membuka KTT ke-43 ASEAN di JCC Senayan, Jakarta, Selasa (5/8).

Dalam pembukaan KTT tersebut, Orang nomor satu di Indonesia yang pada tahun ini memegang Keketuaan ASEAN itu menyinggung pertanyaan publik terkait perpecahan di internal ASEAN.

Sebagai informasi, ASEAN merupakan singkatan dari Association of Southeast Asian Nations, atau yang dikenal juga dengan nama Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. ASEAN merupakan sebuah organisasi dengan tujuan mensejahterakan dan memajukan negara di kawasan Asia Tenggara.

“Memang akhir-akhir ini saya sering mendengar pertanyaan publik terkait ASEAN yaitu apakah ASEAN akan terpecah dan tidak bisa bersatu? Apakah kapal ASEAN mampu terus melaju?,” kata Jokowi dalam sambutannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (5/9).

Jokowi pun menegaskan, bahwa kesatuan ASEAN sampai dengan saat ini masih terus terjaga dengan baik.

“Yang Mulia pada momentum yang baik ini sebagai anggota keluarga dan sebagai ketua ASEAN, Saya ingin menegaskan bahwa kesatuan ASEAN sampai dengan saat ini masih terpelihara dengan baik,” tegasnya.

Menurut Jokowi, kesatuan seyogianya tidak dapat diartikan sebagai hal yang nihil akan perbedaan pendapat. Sebab baginya, kesatuan adalah sebuah harmoni dalam perbedaan.

“Termasuk di dalamnya perbedaan pendapat. Karena perbedaan pendapat justru menyuburkan demokrasi, justru menunjukkan bahwa kita sebagai keluarga memiliki kedudukan yang setara,” kata Jokowi.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru