Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizRI Ajak Anggota ASEAN Tinggalkan Dolar AS

RI Ajak Anggota ASEAN Tinggalkan Dolar AS

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengajak negara-negara di kawasan ASEAN untuk meniggalkan mata uang Dolar Amerika Serikat (AS).

Dia mendorong penggunaan mata uang lokal dalam melaksanakan transaksi lintas batas yang lebih luas dari cakupan perdagangan dan investasi langsung (direct investment).

“Pemimpin ASEAN sudah dukung dan komitmen memperluas transaksi seperti ini,” kata Perry dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Jumat (25/8).

Menurut Perry, keikutsertaan negara lain akan menjadi upaya peningkatan ketahanan perekonomian, khususnya di kawasan Asia Tenggara.

“Kami undang negara anggota ASEAN gabung tanda tangan dan melaksanakan transaksi lintas batas dengan mata uang lokal ini dukung stabllitas ekonomi dan penanganan masalah global di wilayah, sehingga kita dapat mewujudkan pemulihan yang lebih baik,” papar Perry.

Sejauh ini, sudah ada lima negara ASEAN, yakni Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Filipina yang telah meneken kerjasama transaksi pembayaran lintas batas sejak November 2022, di tengah pelaksanaan KTT G20 Indonesia.

Kerja sama pembayaran lintas batas 5 negara ASEAN tersebut mencakup kode QR, fast payment, data, RTGS, dan transaksi mata uang lokal.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

IHSG Diproyeksi Menguat, Bakal Cetak Rekor Lagi?

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya memproyeksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini bakal menguat pada rentang 7.878—7.957.

Tambah Sajian Kuliner, PT JMRB Resmi Hadirkan Gerai Eats and Co di Travoy Hub

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagai bentuk mendongkrak kebutuhan pengunjung dari...

Australia Hentikan Penyelidikan Antidumping Produk Nanas Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemerintah Australia memutuskan untuk menghentikan penyelidikan...

IHSG Melesat Usai BI dan The Fed Turunkan Suku Bunga

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Sesi I hari ini, Kamis (19/9), melesat hingga berhasil tembus level resistance 7.900.